Advertisement

Begini Meriahnya Karnaval BIC di Jalan Parangtritis, Diikuti Ratusan Peserta

Yosef Leon
Rabu, 10 Mei 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Begini Meriahnya Karnaval BIC di Jalan Parangtritis, Diikuti Ratusan Peserta Sejumlah peserta saat mengikuti Bantul Inclusive Carnival (BIC) Rabu (10/5/2023) yang dipusatkan di Jalan Parangtritis. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan orang memeriahkan gelaran Bantul Inclusive Carnival (BIC) yang dipusatkan di Jalan Parangtritis, Rabu (10/5/2023). Perhelatan ini menjadi bagian dari rangkaian acara pengusulan Bantul menuju Kota Kreatif Dunia (UCCN) ke UNESCO. 

Sedikitnya 800 orang dari berbagai elemen berpartisipasi dalam kegiatan itu. Arak-arakan dimulai dari kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja menuju Pasar Seni dan Wisata Gabusan (PSWG).

Advertisement

Beberapa peserta terlihat menggunakan pakaian tradisional berbagai daerah. Ada pula yang menggunakan seragam unik dengan kreativitas masing-masing. Masyarakat pun berjejal di sepanjang jalur karnaval untuk menyaksikan acara itu.  

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan BIC merupakan penanda bahwa pihaknya siap untuk memasuki jejaring Kota Kreatif Dunia. Saat ini Kabupaten Bantul telah menjadi salah satu nomine dari enam kota/kabupaten di Indonesia untuk diakui sebagai jejaring UCCN.  

"Tema yang diangkat pada acara ini sangat sesuai yakni Holopis Bantul Baris yang mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam pengakuan Bantul sebagai jejaring kota kreatif dunia," katanya. 

BACA JUGA: Ada Karnaval, Ruas Jalan Parangtritis Ini Akan Ditutup Total

Menurut Halim, predikat sebagai Kota Kreatif Dunia sangat laik disandang Bumi Projotamansari. Pasalnya, produk ekonomi kreatif masuk ke dalam tiga besar sektor yang menjadi penyumbang terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Bantul selain pariwisata dan pertanian.  "Ketiga sektor itu menjadi lokomotif pembangunan di Bantul dan akan terus kita dorong untuk terus berkembang," ucapnya. 

Dalam perhelatan BIC itu ada 25 elemen yang terlibat dan terdiri dari unsur pemerintah Kabupaten Bantul, akademisi, Dekranasda, sentra-sentra Kerajinan, kelompok seni dan budaya, asosiasi serta desa wisata. Beberapa kelompok yang terlibat dalam pawai yakni dari Batik Nitik Blawong, Sentra Gerabah Kasongan, Gejog lesung Kakilangit Mangunan dan lainnya. 

Ketua Panitia BIC Misbakhul Munir mengatakan, acara ini merupakan gelaran pawai produk kerajinan dan budaya yang melibatkan berbagai unsur masyarakat seperti asosiasi, pelaku industri kreatif, unsur pemerintah, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Sebelumnya telah digelar lokakarya bagi penyandang disabilitas. Materi yang diberikan yakni pemanfaatan bahan recycle untuk cap batik, yang dilaksanakan di Pasar Seni dan Wisata Gabusan pada 9-10 Mei 2023. 

Kegiatan ini diharapkan mampu memicu kegiatan aktivasi creative hub lainnya secara lebih luas. Dengan demikian tercipta lingkungan kreatif yang dapat digunakan untuk pengembangan SDM kreatif, peningkatan kualitas produk kreatif, dan terbentuknya ruang display produk kreatif di Bantul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement