Advertisement

Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Karangmojo Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 11 Mei 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Angin Kencang Rusak Belasan Rumah di Karangmojo Gunungkidul Kondisi kerusakan di gedung Paud di Dusun Grogol III usai diterjang angin kencang yang terjadi pada Kamis (11/5 - 2023) siang.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 18 rumah dan satu gedung Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo rusak akibatn diterjang angin kencang pada Kamis (11/5/2023). Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Data sementara dari BPBD Gunungkidul, dampak angin kencang paling parah terjadi di Dusun Grogol III karena ada 15 rumah, satu gedung Paud dan satu warung soto dilaporkan rusak. Adapun di Dusun Grogol IV ada dua rumah yang rusak dan Dusun Grogol I terdapat satu rumah rusak akibat diterjang angin kencang.

Advertisement

Kepala SPS atau setara Paud Sarge Manunggal di Dusun Grogol III, Tituk Srilasmini mengatakan, sebelum terjadi musibah angin kecang, terjadi hujan deras yang mengguyur. Selang beberapa saat atau tepatnya sekita pukul 13.30 WIB terdengar suara bergemuruh yang menyebabkan atap bangun SPS rusak karena diterjang angin.

BACA JUGA: Izin Pemanfaatan Tanah Kraton Jogja untuk Proyek Tol Jogja-Bawen Menunggu Rampungnya Konsultasi Publik

“Asbes yang jadi atap berterbangan karena embusan angin kencang,” kata Tituk kepada wartawan, Kamis sore.

Meski demikian, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa karena 12 anak yang menjadi peserta didik sudah pulang ke rumah masing-masing. “Memang ada musibah, tapi kegiatan tidak terganggu. Besok [Jumat] untuk layanan pendidikan akan memanfaatkan aula di balai dusun,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, masih melakukan asesmen terkait dengan musibah angin kencang yang terjadi di Kalurahan Bejiharjo. Sejumlah relawan dan anggota BPBD sudah diterjunkan untuk melakukan evakuasi serta pendataan berkaitan dengan kerusakan yang terjadi.

“Ini masih didata,” katanya.

Berdasarkan hasil pendataan sementara, meski ada kerusakan akibat angin kencang tapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Kami berharap kepada masyarakat tetap mewaspadai potensi bencana, meski saat sekarang sudah mulai memasuki musim kemarau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement