Advertisement

Lawan Kekerasan Seksual, UAJY Bentuk Satgas Khusus PPKS

Lugas Subarkah
Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lawan Kekerasan Seksual, UAJY Bentuk Satgas Khusus PPKS Satgas PPKS UAJY usai menggelar pelatihan internal, beberapa waktu lalu. - ist Humas UAJY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANKekerasan seksual di lingkungan kampus masih marak terjadi. Sayangnya korban tidak berani melaporkan kepada lembaga di kampus yang berwenang.

Menyikapi hal ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menegaskan komitmennya dalam melawan kekerasan seksual di dalam kampus melalui tim khusus bernama Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS).

Advertisement

Ketua Satgas PPKS UAJY, Dina Listiorini, mengatakan perguruan tinggi didorong untuk memberikan rasa aman, nyaman bagi sivitas akademika. Maka ia berharap agar draf Peraturan Rektor tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan UAJY segera diterbitkan untuk menciptakan atmosfer akademik yang aman dan nyaman bagi segenap sivitas akademika di UAJY.

Di samping itu, upaya penguatan Satgas PPKS juga terus dilakukan, salah satunya dengan pelatihan internal Satgas PPKS UAJY yang telah digelar pada 5-6 Mei lalu. Pelatihan tersebut berisi sharing dan diskusi pengalaman kasus kekerasan seksual yang sudah ditangani oleh Tim Satgas PPKS UGM.

Baca juga: Puskesmas di Sleman Dihujani 7 Tembakan, Polisi Masih Penyelidikan

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan bagi anggota Satgas PPKS untuk lebih memahami bentuk-bentuk kekerasan seksual, mekanisme pelaporan korban dan penanganan awal, serta pencegahan kekerasan seksual di ranah kampus,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/5/2023).

Kegiatan tersebut juga melibatkan Ketua Satgas PPKS UGM, Sri Wiyanti. Ia menuturkan fenomena terjadinya kasus kekerasan seksual di perguruan tinggi telah menjadi perhatian bersama para sivitas akademika di tingkat global dan di Indonesia. “Kekerasan seksual yang terjadi di kampus merupakan bagian dari fenomena gunung es dan merepresentasikan apa yang terjadi dalam masyarakat kita. Pada tahun 2018 dan 2019 sangat merebak isu kekerasan seksual di Perguruan Tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement