Advertisement

Muhammadiyah-Aisyiyah Kota Jogja Dukung Pelaksanaan Pemilu 2024 Bersih dan Bermartabat

Abdul Hamied Razak
Minggu, 14 Mei 2023 - 23:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Muhammadiyah-Aisyiyah Kota Jogja Dukung Pelaksanaan Pemilu 2024 Bersih dan Bermartabat Ketua PDM Kota Jogja Periode 2022-2027 Aries Madani (tiga dari kiri) bersama Ketua PDA Kota Jogja Periode 2022-2027, Rowiyah (tiga dari kanan) usai kegiatan Musyda PDM & PDA Kota Jogja di SMA Muhammadiyah 1 Jogja,Minggu (14/5 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Jogja mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan secara bersih dan bermartabat.

Ketua PDM Kota Jogja Aries Madani mengatakan Muhammadiyah memang bukan organisasi politik meski secara organisasi Muhammadiyah tahu betul soal politik. Muhammadiyah, katanya tetap berpolitik namun bukan politik praktis yang hanya mengedepankan kepentingan sesaat.

Advertisement

BACA JUGA: Haedar Nashir: Kampus Muhammadiyah Punya Peran Penting Membangun Moral dan Peradaban

Muhammadiyah, lanjut Aries tetap mengingatkan para kader untuk tidak meyeret organisasi dalam politik praktis. "Muhammadiyah mengedepankan politik adiluhung yang tak membawa hal berbau kepentingan sesaat, untuk dibawa ke dalam kegiatan-kegiatan Muhammadiyah," katanya usai pelaksanaan Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Jogja, Minggu (14/5/2023).

Jika ada kader Muhammadiyah yang ingin berpolitik praktis, katanya, maka PDM mempersilahkan untuk masuk dalam partai politik. Dia meminta kader tersebut berkompetisi dengan sebaik mungkin. "Kalau sudah masuk parpol, harus bisa membawa diri dengan baik. Muhammadiyah siap membekali dari sisi kebangsaan, dan etika politik lainnya seperti tidak korupsi," kata Aries.

Hal senada disampaikan Ketua PDA Kota Jogja, Rowiyah. Pemilu 2024 menjadi tantangan bagi Aisyiyah bagaimana pelaksanaannya dapat berjalan secara jujur, bersih dan berperadaban. PDA, katanya, akan terus mensosialisasikan tahun politik yang damai dan adem ayem kepada seluruh elemen di Aisyiyah. "Kami juga ingin mewujudkan risalah perempuan berkemajuan sampai tingkat terbawah. Ini sangat penting karena setelah pandemi, semua mengalami penurunan," katanya.

Pengurus Baru

Pada Musyda PDM & PDA Kota Jogja yang digelar di SMA Muhammadiyah 1 Jogja, Aries Madani terpilih menjadi Ketua PDM Kota Jogja Periode 2022-2027. Aries menggantikan posisi Ketua PDM Kota Jogja Periode 2015-2022, Akhid Widi Rahmanto.

Adapun Ketua PDA Kota Jogja Periode 2022-2027, Rowiyah menggantikan posisi Ketua PDA Kota Jogja Periode 2015-2022, Himmatus Sudja’ah. Pemilihan Ketua PDM-PDA Kota Jogja periode 2022-2027 ini menerapkan evoting yang terintegrasi dengan sistem digital.

Usai terpilih, Aries menyatakan komitmen untuk melaksanakan kesepakatan dalam Musyda untuk membumikan risalah Islam menuju Jogja berkemajuan. "Jogja merupakan etalase Muhammadiyah di Indonesia. Kami tak ingin Jogja hanya menjadi tempat lahir Muhammadiyah saja, tapi bagaimana memajukan dan mewujudkan Muhammadiyah berkemajuan di sini. Kami harus bekerja keras untuk berjalan," kata Aries.

Begitu juga dengan Rowiyah. Ia bertekad menjadikan Jogja yang menjadi tempat lahirnya Muhammadiyah dan Aisyiyah sebagai pemancar suluh keteladanan bagi wilayah lainnya. "Meski tidak mudah, kami akan melaksanakan amanah yang telah ditetapkan dalam Musyda. Bertekad Muhammadiyah dan Aisyiyah di Jogja harus berkemajuan untuk Indonesia melintasi zaman,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement