Advertisement

679 Bacaleg Didatarkan, KPU Bantul Akan Cek Keabsahan Ijazah

Ujang Hasanudin
Senin, 15 Mei 2023 - 17:37 WIB
Sunartono
679 Bacaleg Didatarkan, KPU Bantul Akan Cek Keabsahan Ijazah Pemilu / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul memastikan semua partai politik (Parpol) peserta pemilu 2024 sudah mengajukan bakal calon legislatif (Bacaleg) sampai pada hari terakir pada Minggu (14/5/2023) malam lalu.  Total ada 679 bacaleg yang diajukan oleh 18 partai politik di Bantul.

“KPU Bantul menerima pengajuan dari 18 parpol dengan jumlah bakal calon anggota DPRD sebanyak 679 orang,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bantul, Joko Santosa, saat ditemui di kantor KPU Bantul di Jalan Wahid Hasyim Bantul, Senin (15/5/2023).

Advertisement

Komposisi Bacaleg paling banyak partai politik mengajukan masing-masing 45 orang dan paling sedikit sebanyak lima orang bacaleg. Namun Joko enggan menyebutkan partai mana saja yang paling minim mendatarkan bacalegnya maupun yang paling banyak ke KPU Bantul karena jumlah bacaleg masih ada kemungkinan berubah. Jumlah bacaleg masih ada kemungkinan berkurang namun tidak mungkin bertambah.

BACA JUGA : PAN Bantul Resmi Daftarkan 45 Bacaleg ke KPU Bantul

Joko mengatakan pendaftaran bacaleg sebenarnya sudah dibuka sejak 1 Mei 2023 lalu, namun partai politik baru mendatarkan bacalegnya mulai dari tanggal 10-14 Mei 2023. Semua parpol di Bantul dipastikan mengajukan bakal calon anggota DPRD Kabupaten dengan rincian jumlah bakal calon laki-laki sebanyak 378 orang dan bakal calon perempuan sebanyak 301 orang.

“Untuk persentase jumlah keterwakilan perempuan dipastikan semua parpol mengajukan diatas 30% sesuai dengan peraturan KPU nomor 10 Tahun 2023,” ujarnya.

Joko menyatakan untuk 18 Parpol yang telah mengajukan bakal calon legislatif dinyatakan telah lengkap dan diterima oleh KPU Bantul. Tahapan selanjutnya KPU Bantul akan melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas pencalonan yang telah diterima. Verifikasi administrasi ini akan dimulai tanggal 15 Mei sampai dengan 23 Juni 2023.

Substansi verifikasi administrasi adalah pembuktian kebenaran dan keabsahan dokumen yang diserahkan. Dokumen akan dicek apakah bisa dibuka dan dibaca oleh tim verifikator. “Untuk ijazah juga perlu cek apakah sudah dilakukan legalisasi dari instansi terkait, termasuk apabila ada keraguan terhadap keabsahan legalisasi dapat dilakukan konfirmasi terhadap instansi pendidikan yang mengeluarkan,” paparnya.

BACA JUGA : Pemilu 2024: KPU Bantul Siapkan 18 TPS Lokasi Khusus

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan bahwa untuk efektivitas verifikasi administrasi dokumen bakal calon Anggota DPRD, KPU Bantul telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Pengadilan Negeri Bantul, Polres Bantul, serta Kejaksaan Negeri Bantul.

“Verfikasi hari ini kelengkapan administrasi benar atau salah tangga 16 Mei sampai 23 Juni 2023.  Kalau dinyatakan belum memenuhi syarat, masih ada masa perbaikan 14 hari dari mulai 26 Juni sampai 9 Juli 2023,” katanya.

Lebi lanjut Didik mengatakan untuk jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Bantul pada pemilu 2024 ini sebanyak enam dapil yang meliputi meliputi Dapil 1, yakni  Bantul dan Sewon (8 kursi); Dapil 2 Banguntapan dan Piyungan (8 kursi); Dapil 3 Dlingo, Imogiri, dan Pleret (7 kursi); Dapil 4 Jetis, Pundong, Bambanglipuro, dan Kretek (8 kursi); Dapil 5 Srandakan, Sanden, Pandak, dan Pajangan (7 Kursi); Dapil 6  Kasihan dan Sedayu (7 kursi).

Sedangkan untuk alokasi kursi untuk Anggota DPRD Kabupaten Bantul sebanyak 45 kursi. Alokasi ini masih sama dengan Pemilu 2019 yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement