Advertisement

Satpol PP Tutup Paksa Perumahan Kandara Village Maguwoharjo, Dibangun Ilegal di Tanah Kas Desa

Sunartono
Selasa, 16 Mei 2023 - 16:27 WIB
Sunartono
Satpol PP Tutup Paksa Perumahan Kandara Village Maguwoharjo, Dibangun Ilegal di Tanah Kas Desa Petugas Satpol PP DIY menutup perumahan Kandara Village yang dibangun ilegal tanpa izin dengan memanfaatkan tanah kas desa, Selasa (16/5/2023). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satpol PP DIY menutup paksa sebuah perumahan illegal bernama Kandara Village di Pugeran, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Selasa (16/5/2023) sore. Perumahan yang sudah terjual dengan ratusan unit ini ternyata illegal dan berdiri di atas tanah kas desa.

Kepala Satpol DIY Noviar Rahmat menjelaskan penutupan terhadap Kandara Village dilakukan karena tidak memiliki izin penggunaan tanah kas desa. Perumahan ini berdiri di tanah kas desa tepat di Pugeran, Maguwoharjo, Depok, Sleman menempati tanah kas desa dengan persil 183, 184 dan 185.

Advertisement

BACA JUGA : Pakai Tanah Kas Desa Tanpa Izin Gubernur, Pemilik

“Pihak pengembang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya, karena kantornya tutup,” kata Noviar, Selasa.

Noviar menambahkan perumahan ini nyaris selesai dibangun dengan jumlah total 150 unit. Terdiri atas Blok atas sebanyak 102 unit yang Sebagian besar telah ditempati. Luas setiap bangunan masing-masing 50 meter persegi. Pihak pengembang menjual rumah ini sebesar Rp190 juta per unit.

“Untuk blok bawah ada 48 unit sebagian besar juga telah ditempati, berdasarkan pemantauan kami mereka menjual dengan harga Rp185 juta per unit,” katanya.

BACA JUGA : Pekan Ini Satpol PP Tutup 3 Lokasi Pengguna Tanah Kas

Ia mengungkap berdasarkan informasi dari penghuni blok bawah, para pembeli melakukan perjanjian dengan hak pakai dengan perjanjian kontrak 60 tahun dan setiap tahun perjanjian diperbaru. “Ini jelas melanggar. Sehingga kami melakukan penutupan. Kedua blok ini bai katas maupun bawah sudah serah terima kunci pada 29 Maret 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement