Advertisement

Empat Kalurahan di Kulonprogo Lunas PBB P2 100%, Lainnya Diharapkan Menyusul

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 17 Mei 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Empat Kalurahan di Kulonprogo Lunas PBB P2 100%, Lainnya Diharapkan Menyusul Ilustrasi pajak bumi dan bangunan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Empat kalurahan di Kabupaten Kulonprogo telah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) per 15 Mei 2023. Empat tersebut antara lain Kalurahan Banjarasri, Kalibawang; Kalurahan Kranggan, Galur; Kalurahan Ngentakrejo dan Gulurejo, Lendah.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran dan Penetapan Pajak Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo, Chris Agung Pramudi mengatakan pemerintah daerah Kabupaten Kulonprogo telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam memberikan alternatif mekanisme pembayaran yang bervariasi.

Advertisement

“Selain itu kami juga mendorong masyarakat untuk membayar pajak daerah secara non tunai melalui kanal-kanal yang semakin banyak di antaranya mobile banking dan QRIS Bank BPD DIY, Gopay, Shopee, Tokopedia, LinkAja, DANA, serta JogjaKita,” kata Chris dihubungi pada Rabu (17/5/2023).

Jelasnya, Kalurahan Banjarasri yang telah lunas PBB P2 memiliki jumlah ketetapan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) sebanyak 4.953 SPPT dengan realisasi 4.955 SPPT. Apabila dikonversi dalam satuan rupiah, maka realisasi mencapai Rp214 juta.

BACA JUGA: Kejati DIY Upayakan Kembalikan Tanah Kas Desa ke Kraton Jogja, Selanjutnya Terserah Sultan

Lalu, Kalurahan Ngentakrejo memiliki jumlah ketetapan 5.318 SPPT dengan realisasi 5.319 SPPT yang jika dikonversi ke rupiah mencapai Rp332 juta. Kemudian di Kalurahan Kranggan mendapat ketetapan SPPT mencapai 2.929 SPPT dengan angka realisasi yang sama.

“Mengacau ke SPPT Kalurahan Kranggan, maka ada sebesar Rp135 juta yang disetorkan ke BKAD. Terakhir di Kalurahan Gulurejo ada 4.933 SPPT dengan realisasi SPPT yang sama atau Rp272 juta dalam satuan rupiah,” katanya.

Guna mendorong pelunasan PBB P2 oleh kalurahan, Pemda juga mengagendakan pemberian apresiasi kepada kalurahan-kalurahan yang lunas sebelum tanggal 30 Juni 2023. Bentuk apresiasi tersebut adalah uang pembinaan dan barang dengan besaran sesuai urutan pelunasan.

“Nominal paling tinggi Rp5 juta dan paling rendah Rp1,5 juta yang rencananya akan diserahkan pada bulan Juli 2023. Selanjutnya pada bulan Oktober 2023 juga akan disampaikan apresiasi PBB P2 untuk kalurahan/kelurahan dan kapanewon yang mencapai capaian tertinggi pada saat jatuh tempo PBB P2 pada tanggal 30 September 2023,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa Kalurahan Kranggan, Ngentakrejo, dan Gulurejo menjadi wilayah yang tercatat rutin dalam pelunasan PBB P2 100% sebelum bulan Juni.

Chris menambahkan bahwa dalam rangkaian kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) pada Senin 15 Mei 2023 di Kapanewon Galur dan Lendah, kedua panewu memberikan apresiasi bagi kalurahan terbaik dalam pemungutan PBB P2. Bahkan, kata Chris Pj Bupati Kulonprogo juga memberikan bonus tambahan.

Chris berharap agar kalurahan-kalurahan lain dapat lebih memantau perkembangan setiap padukuhan di wilayah masing-masing untuk mengintensifkan Pemungutan PBB P2 kepada wajib pajak.

“Bagi padukuhan yang persentasenya masih rendah, kami harap para lurah dapat mendorong dukuh-dukuh untuk lebih greget dalam menyosialisasikan pembayaran PBB P2 kepada warganya, sehingga semua kalurahan dapat mencapai pembayaran PBB P2 sebesar 100 persen sebelum jatuh tempo pada tanggal 30 September 2023 mendatang,” katanya. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement