Advertisement

Keren! Ratusan Anak TK Unjuk Kebolehan Marching Band di Gor Pangukan

Hadid Husaini
Kamis, 18 Mei 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Keren! Ratusan Anak TK Unjuk Kebolehan Marching Band di Gor Pangukan Para siswa/siswi TK menampilkan marching band di Gor Pangukan, Rabu (18/5/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Lomba marching band bertajuk Cadenza Marching Kids yang diikuti oleh anak-anak TK digelar di Gor Pangukan, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Rabu (18/5).

Total ada 25 TK dari masing-masing wilayah di Sleman dan Jogja mengikuti kejuaraan yang digelar oleh Komunitas Cadenza yang merupakan komunitas wadah bagi para pelatih marching band dan drumben di Sleman.

Advertisement

Anak-anak yang masih menggemaskan tersebut tampak piawai memainkan alat musik perkusi dan melodi meskipun beberapa gerakan masih terbata-bata.

Tak hanya itu, color guard juga tampak pede mengayunkan bendera. Nyaris tak ada keraguan dari mereka untuk tampil di hadapan para penonton. Acara tersebut pun tampak ramai dengan datangnya para orang tua yang melihat putra-putrinya dari atas tribun gelanggang.

Ketua Panitia Cadenza Marching Kids, Radiman menyampaikan bahwa kegiatan tersebut selalu diadakan dua kali yaitu di pertengahan maupun akhir tahun.

BACA JUGA: Kurangi Kecanduan Gawai, Anak-Anak di Pantai Krakal Diajak Lomba Layangan

Dia ingin dengan perlombaan tersebut guna menyalurkan bakat anak dalam menggunakan alat musik untuk drumben maupun marching band.

“Sebenarnya untuk penilaian lebih kepada analisis terhadap musik melodi dipadukan dengan perkusinya, bagaimana temponya dan perpaduan dengan sage bendera yang ditampilkan,” ujar Radiman kepada Harianjogja.com, Rabu. 

Dalam penampilan setiap tim penampil juga terdapat berbagai properti yang menarik dan selalu berbeda. Meskipun tidak ada kewajiban, namun penggunaan properti menurutnya dapat mendukung dengan kesesuaian tema yang dibawakan oleh penampil.

Radiman menyampaikan bahwa di Sleman potensi untuk marching band sudah lumayan bagus. Dia menyampaikan banyak orangtua yang ketika mendaftarkan anaknya kemudian menanyakan apakah di sekolah tersebut terdapat ekstrakurikuler marching band.

Sudah banyak sekali komunitas yang serupa dalam mewadahi kegiatan marching band dan sudah diwadahi dengan kegiatan perlombaan di tingkat kabupaten.

Kendati begitu, marching band di Sleman menurutnya baru hidup kembali setelah vakum sejak sebelum pandemi Covid-19. Itulah sebabnya, dia berharap Cadenza Marching Kids bisa menggairahkan kembali pertunjukan musik padu tersebut.

“Karena kami kan cuma komunitas, kami hanya memberikan sertifikat, tetapi yang lebih penting supaya anak minimal mengetahui temponya dan bagaimana memasukkannya dengan musik. Anak bayangannya pukulannya bebas tapi kami arahkan agar pukulanya bagus ritemnya bagus,” ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement