Advertisement

Wukirsari Masuk 75 Desa Wisata Terbaik Nasional, Ini Kelebihannya

Ujang Hasanudin
Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:57 WIB
Sunartono
Wukirsari Masuk 75 Desa Wisata Terbaik Nasional, Ini Kelebihannya Batik lukis wajah Akhyar Muzaki asal Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. - Harian Jogja/Jumali.

Advertisement

Harianjogja.com,BANTUL—Dinas Pariwisata menyatakan bahwa Wukirsari, Bantul masuk dalam 75 desa wisata terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Saat ini desa wisata yang ada di Kapanewon Imogiri Bantul tersebut tinggal menunggu satu tahap lagi untuk dalam tiga besar terbaik atau juara harapan.

“Sabtu dan Minggu ini penilaian untuk menuju tahap terakhir yang rencananya akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,” kata Sub Koordinator Kelembagaan dan Sumber Daya Pariwisata Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan SDM, Dinas Pariwisata, Karman, Jumat (26/5/2023).

Advertisement

BACA JUGA : 8 Desa Wisata Diajak Maksimalkan Potensi

Karman mengatakan Bantul sebenarnya mengajukan 30 desa wisata dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia tahun ini, namun yang lolos untuk kategori desa wisata berkelanjutan hanya Wukirsari. Wukirsari ini bersaing dengan 4.537 peserta lainnya se-Indonesia. Setiap tahapan lolos mulai dari tahapan 500 besar, 300 besar, hingga 75 besar saat ini.

Ada empat indokator Wukirsari akhirnya bisa lolos dalam ajang tersebut, yakni kelanjutan kelembagaan, sosial ekonomi, budaya, dan lingkungan. Untuk kelembagaan harus ada lembaga yang mengurusi desa wisata, ada laporan administrasi, hingga komposisi pengurus desa wisata terdiri dari pria dan wanita.

Kemudian indikator sosial ekonomi bisa memberikan dukungan dan konstribusi kesejahteraan masyarakat. “Sementara lingkungan yang dinilai adalah ada pengolahan limbah yang baik,” ujar Karman. Selain itu yang menjadi daya tarik di Wukirsari adalah adanya kerajinan dan paket wisata edukasi membatik bagi wisatawan.

Ia berharap Wukirsari kembali terpilih menjadi juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun ini. “Dengan predikat tersebut menjadi penyemangat untuk mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan desa wisata dan penyemangat bagi desa wisata lainnya untuk mengembangkan wisata yang sama,” ucapnya.

BACA JUGA : Perkuat Pengelolaan Desa Wisata, 3 Pokdarwis Ini Dinilai

Lurah Wukirsari, Susilo Hapsoro berharap dalam penilaian Sabtu dan Minggu ini Wukirsari bisa lolos dan menjadi juara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. “Ini masih ada penilaian satu tahap lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan Wukirsari memiliki paket wisata edukasi membatik yang selama ini mampu memberdayakan warga sekitar. “Selain manfaat wisata untuk perekonomian masyarakat juga pengaruhnya melestarikan seni dan budaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement