Advertisement

Diklaim Berhasil, Transaksi Gunungkidul Expo Tembus Rp1,1 Miliar

David Kurniawan
Kamis, 01 Juni 2023 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Diklaim Berhasil, Transaksi Gunungkidul Expo Tembus Rp1,1 Miliar Deretan stan IKM yang ikut menggelar promosi di ajang Gunungkidul Expo 2019 di Gedung Serbaguna Siyono, Playen, Minggu (16/6/2019).dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perdagangan mencatat transaksi selama penyelenggaraan Gunungkidul Expo di Taman Budaya Gunungkidul di Kalurahan Logandeng, Playen mencapai Rp1,1 miliar. Selain menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-192, pameran tersebut menjadi ajang untuk pameran potensi daerah.

Sekretaris Dinas Perdagangan Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih mengatakan, penyelenggaraan Gunungkidul Expo berjalan dengan sukses. Selama lima hari penyelenggaraan mulai 26-30 Mei 2023 terus dipadati pengunjung. "Untuk memeriahkan acara, kami juga menyajikan pentas musik ke pengunjung,” katanya, Kamis (1/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, SPBU di DIY Terapkan Skema Full Registrant untuk Pembelian Solar Subsidi

Yuniarti mengungkapkan selama penyelenggaraan tercatat ada 100 pelaku UMKM yang mengikuti. Total perputaran uang yang masuk mencapai Rp1.152.754.000. "Total transaksi yang masuk sudah diumumkan pada saat penutupan expo," katanya.

Ditambahkan dia, total transaksi terbanyak dilakukan secara tunai yang jumlahnya mencapai Rp1.135.393.500. Sedangkan transaksi non tunai tercatat sebanyak 17.369.500.

“Penyelenggaraan berjalan dengan sukses. Kami berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam acara. Salah satunya dukungan dari dana keistimewaan untuk Gunungkidul Expo,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro. Menurut dia, acara expo tidak hanya menjadi rangkaian hari jadi Gunungkidul ke-192, namun juga sebagai sarana pamaeran potensi daerah.

Dia menjelaskan, peserta pameran mayoritas didominasi oleh produk UMKM di Gunungkidul yang bergerak di bidang kerajinan dan olahan makanan. Selain itu juga diisi berbagai produk mulai dari perbankan hingga mebel asli karya warga di Bumi Handayani. “Tidak hanya sukses, acara juga berlangsung meriah,” katanya.

BACA JUGA: Ada Fenomena Bulan Baru & Perigee, BMKG Waspada Potensi Banjir Rob, Cek Waktu & Lokasinya di Sini

Kelik menekankan, kegiatan tidak hanya sebatas acar rutin saat perayaan hari jadi. Namun demikian, sambung dia, pelaksanaan sebagai ajang untuk unjuk kualitas produk dari UMKM di Gunungkidul.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Bupati, UMKM Gunungkidul harus berkembang. Salah satunya bisa menembus ke pasar modern, jadi ajang ini bisa sebagai sarana mengenalkan produk secara luas. Nantinya juga dipilih stand terbaik sebagai pemenang pameran,” katanya.

Keberhasilan penyelenggaraan Gunungkidul Expo, Dinas Perdagangan berencana menggelar acara ini sebanyak dua kali dalam satu tahun. “Masih kami kaji, tapi kami berharap acara pameran potensi daerah ini bisa ditambah penyelenggaraannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement