Advertisement

Layanan SIM Ikut Libur, Masyarakat Diberi Dispensasi Waktu Perpanjangan 2 Hari

David Kurniawan
Jum'at, 02 Juni 2023 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Layanan SIM Ikut Libur, Masyarakat Diberi Dispensasi Waktu Perpanjangan 2 Hari Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/R. Rekotomo\\n

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Layanan pengurusan SIM di Satpas Polres Gunungkidul ikut libur bersamaan dengan cuti bersama yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Warga yang masa berlaku SIM telah habis saat cuti bersama tidak perlu khawatir karena diberikan dispensasi waktu perpanjangan selama dua hari.

Baur SIM, Satpas Polres Gunungkidul, Aiptu Aris Puji Yuana mengatakan, pelayanan SIM di Gunungkidul libur selama empat hari. Kebijakan ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat tentang cuti bersama yang telah ditetapkan.

Advertisement

“Layanan libur sejak 1-4 Juni 2023. Ini sesuai dengan kebijakan dari pemerintah tentang cuti bersama sehingga pelayanan ikut diliburkan,” kata Aris saat dihubungi, Jumat (2/6/2023).

Menurut dia, masyarakat tidak perlu khawatir dengan liburnya layanan di Satpas Polres Gunungkidul. Pasalnya, ada kebijakan dispensasi perpanjangan bagi pemilik yang masa berlaku habis pada saat libur dan cuti bersama.

Baca juga: Cerita Penikmat Bakmi Jawa Pak Pele Kaget saat Dikunjungi Jokowi

Dispensasi perpanjangan berlaku mulai Senin (5/6/2023) dan Selasa (6/6/2023). “Bila mengurus di masa dispensasi ini, maka bisa memperpanjang masa berlaku SIM yang telah kedaluarsa,” katanya.

Menurut dia, dispensasi hanya berlansung dua hari. Aris mengingatkan, kepada pemiliki agar memanfaatkan masa dispensasi ini karena di luar yang telah ditentukan, maka harus mengajukan permohonan SIM baru.

“Sudah ada dispensasi dua hari, jadi harus dimanfaatkan. Kalau mengurus setelahnya, maka pemilik harus mengurus permohonan SIM baru karena terlambat,” katanya.

Kebijakan libur pelayanan juga terlihat di Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Samsat Wonosari. Meski demikian, hari libur lebih pendek karena mulai Sabtu (3/6/2023) sudah buka layanan seperti biasa.

“Sekarang masih libur, tapi besok layanan pajak kendaraan sudah buka seperti biasa,” kata Baur STNK, Satlantas Polres Gunungkidul, Aipda Heri Setiyawan.

Menurut dia, selama libur dan cuti bersama juga memberikan dispensasi kepada pemilik kendaraan bermotor yang pajaknya telah mati. Dispensasi berlaku hingga Senin (5/6/2023) sehingga perpanjangan tidak dikenakan denda. “Dispensasi hanya berlaku bagi pemilik yang pajaknya habis saat libur dan cuti bersama,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement