Advertisement

Area Relokasi Sudah Kelar Dibangun, Pedagang Pasar Godean Segera Pindah Pertengahan Bulan Ini

Lugas Subarkah
Selasa, 06 Juni 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Area Relokasi Sudah Kelar Dibangun, Pedagang Pasar Godean Segera Pindah Pertengahan Bulan Ini Tempat relokasi Sidoluhur sudah siap digunakan pedagang Pasar Godean, Selasa (6/6/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tempat relokasi Pasar Godean telah selesai dibangun. Pedagang Pasar Godean akan menempati tempat relokasi yang berlokasi di Kalurahan Sidoluhur tersebut mulai pertengahan bulan ini.

Tempat relokasi tersebut menempati tanah seluas 16.000 meter persegi di sebelah utara Jalan Godean. Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Selasa (6/6/2023), pengerjaan konstruksi sudah tidak ada, tinggal sedikit pemasangan instalasi.

Advertisement

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Tina Hastanti menjelaskan tempat relokasi itu saat ini sudah selesai dibangun. “Pemindahan pedagang dijadwalkan pada 12 sampai 16 Juni nanti,” ujarnya, Selasa.

Dia mengatakan total ada 1.358 pedagang yang akan dipindah dari tiga lokasi transit, masing-masing Pasar Hobbies sebanyak 198 pedagang; Sentra Belut sebanyak 132 pedagang; dan Tanah Kas Desa Sidokarto sebanyak 1.028 pedagang. “Mereka akan dijadikan satu di Sidoluhur [relokasi],” ujar dia.

BACA JUGA: 

Ribuan pedagang tersebut akan menempati tempat relokasi dengan bangunan utama seluas kurang-lebih 8.000 meter persegi dengan fasilitas los, kios, aula, ruang panel, ruang pengelola, musola, toilet, area parkir dan tempat pembuangan sementara (TPS) pasar.

Berbeda dengan lokasi transit yang dibangun dengan sangat sederhana menggunakan rangka bambu, tempat relokasi ini menggunakan rangka baja ringan sehingga lebih kokoh. Di bawahnya juga menggunakan undakan semen sehingga meminimalisir banjir.

Tempat relokasi Sidoluhur dibangun sejak Februari 2023 dengan anggaran APBD Pemkab Sleman sebesar Rp9,7 miliar. Tempat relokasi ini akan ditempati para pedagang sembari menunggu revitalisasi Pasar Godean jadi.

Untuk penentuan penempatan los dan kios pedagang, sudah dilakukan pengundian dengan pembagian zona berdasarkan komoditas yang dijual pedagang. “Penataan per zonasi sesuai komoditasnya masing-masing,” kata dia.

Panewu Godean, Rohmiyanto, mengatakan pada Juni ini, proses konstruksi revitalisasi Pasar Godean juga akan dimulai, yang dikerjakan oleh Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Sekarang sudah dipasang penutup di sekelilingnya,” katanya.

Saat ini tengah berjalan proses sosialisasi ke masyarakat sekitar Pasar Godean terkait pengerjaan konstruksi tersebut. Adapun Pasar Godean telah dikosongkan oleh pedagang sejak Desember 2022 lalu untuk pembongkaran bangunan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement