Advertisement

Dinkes Sleman Ingatkan Jamaah Haji Agar Tetap Pakai Masker hingga Pakai Sunblock

Lugas Subarkah
Rabu, 07 Juni 2023 - 14:27 WIB
Jumali
Dinkes Sleman Ingatkan Jamaah Haji Agar Tetap Pakai Masker hingga Pakai Sunblock Umat Islam membawa air zam-zam usai melaksanakan ibadah Salat Zuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, belum lama ini. Jemaah haji Indonesia disarankan untuk selalu minum saat menjalankan Ibadah Haji di musim panas Arab Saudi Tahun ini. - Antara - Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Calon jamaah haji dari Sleman telah diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sejak Senin (5/6/2023). Oleh karena itu, para calon jamaah haji diminta untuk senantiasa menjaga kesehatan selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji.

BACA JUGA: Penyebab Jamaah Haji dari Gunungkidul Gagal Berangkat

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan, karena suhu udara di Mekkah tergolong tinggi, bahkan bisa mencapai 45 derajat celcius, para jamaah diimbau untuk memastikan cukup dan teratur minum air putih. Sebab, kurangnya konsumsi air putih di suhu yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi.

“Jangan sampai telat minum, kalau bisa sering minum. Kalau sudah berasa haus itu sebenarnya sudah masuk kategori dehidrasi dan dapat memicu kondisi tubuh yang tidak sehat," ujarnya, Rabu (7/6/2023).

Kemudian, para jamaah juga disarankan untuk tetap memakai masker setiap berada di tempat umum. Selain menghindari potensi penularan virus, masker juga berfungsi untuk melindungi saluran pernafasan dari debu di udara.

Suhu yang tinggi dan terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering. Maka jamaah haji juga disarankan menggunakan sunblock selama beraktivitas di luar ruangan.

“Supaya kulitnya tidak kering dan tidak pecah,” ungkapnya.

Di samping itu, para jamaah haji diminta untuk saling saling jaga antar sesama jamaah. Hal ini diperlukan karena mereka berada di tempat yang asing, jauh dari keluarga dan banyak aktvitas yang memerlukan stamina fisik.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sleman, Sigit Herutomo, mengatakan tahun ini Sleman memberangkatkan sebanyak 1.196 calon jamaah haji. Jumlah ini dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Terdiri dari usia yang beragam, dari yang termuda 18 tahun hingga yang tertua 93 tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement