Advertisement

Cek Kesehatan Hewan Kurban, DKPP Bantul Belum Temukan Kasus Menonjol

Yosef Leon
Kamis, 08 Juni 2023 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Cek Kesehatan Hewan Kurban, DKPP Bantul Belum Temukan Kasus Menonjol Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul menerjunkan dokter hewan untuk mengecek kondksk hewan kurban dan kelompok ternak  menjelang Iduladha. Sampai saat ini belum ditemukan kasus menonjol terkait kondisi kesehatan hewan kurban.

Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo mengatakan, menjelang Iduladha sudah banyak pedagang dan penyedia hewan kurban yang masuk ke Bantul. Untuk itu pihaknya tetap memperketat pengawasan dengan menerjunkan dokter hewan ke sejumlah lokasi itu. Hal ini untuk mewaspadai adanya fenomena PMK dan LSD yang beberapa waktu lalu sempat mewabah.

Advertisement

BACA JUGA: Terkait Bentrok PSHT di DIY, Wabup Sleman Minta Warga Patuhi Sabda Sultan HB X

"Sampai saat ini belum ada temuan terkait hewan yang terjangkit LSD atau PMK," katanya, Kamis (8/6/2023). 

Joko menyebut, pihaknya memastikan kebutuhan hewan ternak di wilayah Bantul terpenuhi di masa Iduladha mendatang. Pihaknya mendatangkan pasokan hewan kurban dari daerah lain lantaran Bantul belum mampu memenuhi kebutuhan stok hewan ternak secara mandiri. 

"Untuk kurban Bantul ternak banyak dari luar, kebutuhan per hari saja 700 sampai 800 ekor kambing dan itu dari luar semua, sapi ada 30 ekor per hari itu juga dari luar semua," jelasnya. 

Kurangnya pasokan hewan ternak di Bantul diakibatkan oleh kebiasaan peternak yang sudah menjual hewan peliharaannya di usia enam bulan. Rata-rata yang dijual merupakan hewan ternak betina sementara untuk kebutuhan kurban yang diambil merupakan hewan ternak jantan. 

"Kalau untuk harga dipastikan naik tapi tidak signifikan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement