Advertisement

LPK Harus Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi

Media Digital
Senin, 12 Juni 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
LPK Harus Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi Duduk dari Kanan Dr. Praptining Sukowati, SH., M.Si Ketua LPK Unmer Malang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul (Disnakertrans) Bantul Istirul Widilastuti, Dr. Sunardi, MM : Wakil Rektor IV Universitas Merdeka Malang dan Prof. Dr. Bonaventura Ngarawula, MS : Direktur LSP Mitra Wirausaha Produktif Merdeka dan peserta kunjungan Studi Banding dari Bantul. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) harus bisa mengikuti perkembangan teknologi Informasi (TI) karena ini sangat bermanfaat bagi tenaga kerja ketika terjun ke dunia kerja. Di zaman digitalisasi ini LPK tidak hanya melatih keterampilan tetapi juga harus menguasai TI, seperti digital marketing,

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul (Disnakertrans) Bantul Istirul Widilastuti kepada Harian Jogja, Kamis (8/6/2023). Selama tiga hari, mulai Rabu (7/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023) Disnakertrans Bantul mengajak beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Bantul untuk melakukan Studi Komparasi ke Malang. Ada dua tempat yang dikunjungi, yaitu LPK Universitas Merdeka dan LPK Parco Laut.

Advertisement

Istirul mengatakan, kegiatan semacam ini bisa menambah wawasan bagi LPK di Bantul terkait dengan manajemen di LKP. "Di Malang jurusan yang dilatihkan sudah sesuai dengan perkembangan dengan IT yang ada. Harapan kami ke depan teman-teman LPK di Bantul juga bisa seperti itu karena di jaman digitalisasi ini harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan. Peltihan tidak cukup hanya melatih keterampilan, tetapi juga bisa digital marketing," katanya.

Istirul memberi contoh di LPK Parco Laut. Di tempat ini manajemennya sangat rapi dan profesional dalam memberangkatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk kerja di luar negeri. Dengan difasilitasi pemerintah, maka penempatan PMI sudah sangat jelas sehingga masyarakat tidak ditipu. "Ke depan dia berharap LPK bisa seperti itu," katanya.

Terkait animo masyarakat untuk bekerja di LN, Istirul mengatakan, di Bantul, animonya masih sangat tinggi. Terutama untuk tujuan Malaysia, Hongkong dan Taiwan. Apalagi kondisi perekonomian global juga berimbas di Indonesia, sehingga pengiriman tenaga kerja lintas provinsi sedang turun. Perusahaan-perusahaan di Batam yang selama ini jadi salah satu tujuan turun permintaanya.

Tirul, panggilan akrabnya, juga menegaskan tugas pokok LPK adalah mendidik calon PMI agar memiliki ketermapilan yang memadai sebelum terjun ke dunia kerja. Untuk penempatan PMI sudah ada lembaga lain yang mengurusi.

Miftakudin dari LKP Uchumaru menyambut positif studi banding ini. Dia mengatakan, dengan studi banding maka mereka bisa melihat LPK lain di Bantul dalam melakukan tugasnya.  Hal senada diungkapkan Triyanto dari LPK Hikari Kenshu Center. “Harapannya kegiatan semacam ini bisa dilakukan lebih sering digelar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Liang Lahat Disiapkan untuk Korban Kecelakaan SMK Lingga Kencana

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement