Advertisement

PPDB SMP di Jogja: Tak Daftar Ulang, 5 Siswa Dianggap Mundur dari Jalur Bibit Unggul

Triyo Handoko
Jum'at, 16 Juni 2023 - 18:37 WIB
Sunartono
PPDB SMP di Jogja: Tak Daftar Ulang, 5 Siswa Dianggap Mundur dari Jalur Bibit Unggul Suasana ruang data PPDB Disdikpora Kota Jogja yang melakukan pantaun waktu langsung, Kamis (15/6/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja mencatat ada lima calon siswa SMP negeri di wilayahnya mengundurkan diri dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jalur bibit unggul. Sedangkan kuota PPDB jalur perpindahan orang tua tak terisi sampai separuhnya, hanya 76 orang yang mendaftar, Kamis (15/6/2023).

Lima calon siswa SMP negeri Jogja yang mengundurkan diri dari PPDB jalur bibit unggul tersebut tidak melakukan pendaftaran ulang. Sehingga dianggap mengundurkan diri, lima calon siswa tersebut mendaftar di SMPN 1 Jogja, SMPN 5 Jogja, SMPN 8 Jogja, dan SMPN 15 Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : PPDB SMP di Bantul Resmi Ditutup, Jalur Ini Jadi Solusi bagi Siswa yang Belum Dapat Sekolah

Sedangkan PPDB jalur perpindahan orang tua telah disediakan Disdikpora sebanyak 173 kuota, tapi hanya didaftar oleh 76 calon siswa saja per Kamis siang. “Karena masih siang dan ada kemungkinan yang melakukan pendaftaran mungkin sore nanti, dan belum ditutup apalagi belum ada pendaftaran ulang data 76 yang baru daftar ini sewaktu-waktu bisa berubah,” kata Kepala Bidang Data dan Sistem Informasi Disdikpora Jogja, Marwoto di kantornya, Kamis (15/6/2023).

SMP negeri Jogja yang tidak ada pendaftar jalur perpindahan orang tua adalah SMPN 3 Jogja, SMPN 11 Jogja, SMPN 12 Jogja, dan SMPN 15 Jogja. “Iya, jumlah pendaftarannya dalam sistem masih nol,” ujar Marwoto.

Marwoto memang menyoroti jumlah pendaftar SMP negeri Jogja jalur perpindahan orang tua yang sedikit itu. “Nanti kuota yang tersisa setelah pendaftaran ulang akan kami limpahkan ke jalur zonasi mutu,” terangnya.

BACA JUGA : PPDB SMP Jalur Afirmasi di Sleman Sepi Pendaftar

Pelimpahan kuota jalur PPDB yang tak terpenuhi, lanjut Marwoto, akan semuanya dilimpahkan ke zonasi mutu. “Sementara ini baru jalur bibit unggul dan perpindahan orang tua yang menyisakan kuota, lainnya terpenuhi. Apalagi jalur zonasi wilayah pasti terpenuhi kalau itu,” katanya.

Pembukaan PPDB jalur zonasi mutu, kartu menuju sejahtera (KMS), dan prestasi luar wilayah, sambung Marwoto, akan dibuka Senin (19/6/2023) nanti. “Zonasi mutu akan banyak pendaftarnya karena kuota yang kami sediakan paling banyak di sana, ada 40 persen total kouta jadi sebanyak 1.525 orang,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement