Advertisement

Pertanyakan Pentingnya ASPD, Begini Kata Ombudsman RI

Hadid Husaini
Rabu, 21 Juni 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Pertanyakan Pentingnya ASPD, Begini Kata Ombudsman RI Anggota ORI, Indraza Marzuki Rais saat ditemui wartawan, Rabu (21/6/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyebut masih banyak hal yang perlu dibenahi dari Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD). 

Anggota ORI, Indraza Marzuki Rais menyebut banyak kendala di ASPD terutama dalam hal kelayakan penyelenggaraan. "Kami melihat banyak kendala setiap tahun baik nasional atau lokal, banyak juga inovasi, tetapi harus sesuai dengan standar yang baik," ujarnya kepada wartawan saat meninjau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Bantul, Rabu (21/6/2023).

Advertisement

Meski tergolong kebijakan baru, dia menilai standardisasi penilaian melalui ASPD pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan sistem nilai  dan ujian nasional yang pernah ada sebelumnya.

BACA JUGA: Ini Dia 10 SMP di Jogja dengan Nilai ASPD Tertinggi Tahun Ini

Itulah sebabnya, dia lantas mempertanyakan dampak dari dilakukannya ASPD. "ASPD ini masih akan kami kaji, di mana letak pentingnya?Untuk itu, kami akan diskusikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga [Disdikpora]," kata Indraza. 

Terkait dengan hal itu, dia mengaku juga akan berdialog dengan Kementrian Pendidikan (Kemendikbud) sebagai regulator Pusat. Dialog itu, kata dia, juga akan membahas soal kelayakan ASPD. "Tunggu saja, apakah ini [ASPD] bisa diteruskan atau harus diubah. Karena regulatornya memang ada di Kemendikbud," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement