Advertisement

Pasien Covid-19 di Gunungkidul Wajib Bayar Biaya Perawatan, Kecuali..

David Kurniawan
Jum'at, 30 Juni 2023 - 12:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Pasien Covid-19 di Gunungkidul Wajib Bayar Biaya Perawatan, Kecuali.. Ilustrasi Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul memastikan perawatan pasien Covid-19 tak lagi gratis. Hal ini sejalan dengan diturunnkannya status dari pandemi menjadi endemi.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, upaya penanganan terhadap pasien corona tetap dilakukan, meski statusnya telah diturunkan. Hanya saja, perawatan tidak lagi gratis karena ada biaya yang harus ditanggung.

Advertisement

BACA JUGA: Sultan: Endemi, Faskes Masih Melayani Pasien Covid-19

Meski demikian, sambung dia, pembayaran tidak berlaku bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan. Pasalnya, seluruh biaya bisa dicover menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional ini.

Adapun beban biaya hanya diberikan kepada pasien yang belum masuk kepesertaan BPJS Kesehatan. “Ya kalau belum ikut kepesertaan, maka harus membayar secara mandiri,” katanya, Jumat (30/6/2023).

Dewi memastikan pelayanan tidak ada perubahan, meski statusnya telah berubah dari pandemi menjadi endemi. Selain itu, upaya pencatatan kasus penularan juga terus dilakukan dengan durasi laporan setiap satu minggu sekali.

Data terakhir pencatatan pada 22 Juni 2023 terdapat 23.673 orang. Adapun yang dinyatakan sembuh ada 22.424 orang, kasus aktif ada delapan orang serta warga meninggal dunia akibat terinfeksi corona sebanyak 1.241 kasus.

“Untuk data terbaru diperbarui setiap Senin,” katanya.

Dewi berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai penularan virus corona, walapun statusnya telah diturunkan. Pencegahan bisa dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

“Jangan lupa makan-makanan bergizi dan rajin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,” katanya.

BACA JUGA: Endemi, Pemkot Jogja Tetap Lanjutkan Vaksinasi Booster Covid-19

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyambut baik adanya penurunan status pandemi menjadi endemi corona. Ia berpendapat kehidupan masyarakat telah kembali normal seperti sebelum terjadi penyebaran wabah.

“Harapannya perekonomian bisa tumbuh lebih pesat lagi,” katanya.

Meski demikian, Sunaryanta mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan terus menjaga kesehatan. Adapun penerapan protokol kesehatan disesuaikan dengan kesehatan masing-masing orang.

“Kalau sehat tidak perlu pakai masker. Tapi, kalau sakit, batuk-batuk bisa tetap menggunakan masker,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Donald Trump Dievakuasi dari Panggung Kampanye

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement