Advertisement

Terdampak Gempa Bumi, Atap Dapur Rumah di Sendangsari Sleman Ambruk

Catur Dwi Janati, Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 01 Juli 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terdampak Gempa Bumi, Atap Dapur Rumah di Sendangsari Sleman Ambruk Potret ambruknya atap dapur warga di Sutan RT 003 RW 023 Sendangsari, Minggir yang diduga akibat gempa bumi pada Jumat (30/6/023) malam. - Istimewa/BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dampak gempa bumi magnitudo 6,4 pada Jumat (30/6/2023) yang berpusat di barat daya Kabupaten Bantul mengakibatkan kerusakan pada bangunan di Sleman.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sleman mencatat satu rumah rusak akibat gempa bumi. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro menerangkan atap dapur salah satu rumah yang terletak di Sutan RT 003 RW 023 Sendangsari, Minggir ambruk saat gempa bumi berlangsung.

Advertisement

Ambruknya atap dapur ini pertama kali dilaporkan pada pukul 20.44 WIB. Laporan tersebut disampaikan Lurah Sendangsari melalui pesan singkat Whatsapp.

"Saat terjadi gempa, dimungkinkan karena struktur atap sudah rapuh, tiba-tiba atap rumah bagian dapur runtuh," ungkapnya dikutip pada Sabtu (1/7/2023).

Baca juga: Seorang Nenek di Bantul Meninggal Dunia Dampak Gempa Mag 6,4

Kerugian material yang ditimbulkan akibat kejadian ini yakni atap dapur yang ambrol. Bagian atap yang ambrol meninggalkan lubang yang menganga cukup lebar. Hal ini mengakibatkan bagian dalam dapur terekspose langsung kelua akibat lubang yang terbuka. "Kerugian atap dapur 3x3 meter ambrol. Korban jiwa nihil," ujarnya.

Syukurnya tidak ada korban jiwa atas insiden ini. Padahal rumah tersebut berpenghuni satu KK berisi empat jiwa. Bahkan satu di antaranya merupakan anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Sementara di Bantul, satu orang lansia berjenis kelamin perempuan meninggal dunia imbas gempa bumi yang terjadi. Namun pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menegaskan bahwa kematian korban murni karena sakit jantung. 

"Ada satu meninggal namun bukan terdampak langsung dari gempa bumi," tegas PLH Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Danang mengatakan berdasarkan laporan tim assesment di lapangan, dilaporkan bahwa warga yang meninggal dunia dikarenakan penyakit jantung dan bukan karena tertimpa puing-puing bangunan. Saat terjadi gempa bumi, yang bersangkutan kaget sampai akhirnya meninggal dunia.

Adapun identitas warga tersebut adalah perempuan berinisial S usia 67 tahun asal Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement