Advertisement

Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Terus Digalakkan di Sekolah

Catur Dwi Janati
Rabu, 05 Juli 2023 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Terus Digalakkan di Sekolah Siswa Olifant Preschool mengikuti pendidikan mitigasi bencana di sekolah belum lama ini./Ist. - Olifant Preschool

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Masyarakat terutama kalangan pelajar perlu mendapatkan edukasi kesiapsiagaan bencana. Di Sleman edukasi kesiapsiagaan bencana telah dilakukan di hampir semua sekolah.

"Kita itu bekerja sama dengan BPBD. Hampir semua sekolah itu sudah ada sekolah siaga bencana," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, Selasa (4/7/2023).

Advertisement

Ditegaskan Ery setiap tahunnya ada sekolah di Sleman yang dilatih terkait kesiapsiagaan bencana. "Itu setiap tahun secara berkala beberapa sekolah kita latih siaga bencana," ujarnya.

Pelatihan yang diberikan mengedukasi para siswa tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan kala menghadapi bencana. "Anak-anak terkait dengan mitigasi bencana sudah dilatih. Kalau terjadi bencana harus bagaimana oleh BPBD sudah. Kita hampir semua sekolah sudah kita lakukan," lanjutnya.

Baca juga: Terjangkit Anthrax, Kapanewon Semanu di Gunungkidul Diisolasi Terbatas

Beberapa sekolah bahkan telah menjalin kerja sama sebagai sister school. Artinya sekolah yang terletak di daerah rawan bencana bekerja sama dengan sekolah penyangga yang letaknya relatif lebih aman. "Ada sekolah-sekolah yang menjadi sister school-nya. Jadi kalau sekolah daerah bencana pasangan sister school-nya mana itu sudah ada," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement