Advertisement

Nihil Kasus Antraks, Peternak Sleman Tetap Diimbau Waspada

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Juli 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Nihil Kasus Antraks, Peternak Sleman Tetap Diimbau Waspada Sapi / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Penyakit antraks yang berkembang di Gunungkidul hingga saat ini belum ditemukan di wilayah Sleman. Meski demikian peternak sapi diimbau tetap waspada dan berhati-hati ketika membeli sapi terutama dari wilayah Gunungkidul.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman, Nawang Wulan, mengatakan sejauh ini belum ditemukan kasus antraks di Sleman. "Hanya sekali, satu ekor tahun 2009," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (5/7/2023).

Advertisement

Pasca kasus terakhir itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman melaksanakan surveilans selama 12 tahun berturut-turut dengan uji lab tanah di tempat sekitar penguburan sapi yang terpapar antraks tersebut dan hasilnya negatif.

BACA JUGA: 34 Juta Data Paspor Diduga Bocor dan Dijual, Diduga Ulah Bjorka

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau agar peternak tetap waspada menyikapi ditemukannya kasus ternak di Gunungkidul. "Kami monitoring dan edukasi kepada peternak di Sleman untuk segera melaporkan apabila ada kejadian ternak mati mendadak," katanya.

Di samping itu, peternak juga diharapkan lebih waspada dengan ternak sapi yang dibeli dari wilayah Gunungkidul. "Kami mengedukasi para peternak dan pedagang untuk waspada bila beli sapi dari Gunungkidul harus pakai SKKH [Surat Keterangan Kesehatan Hewan]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Asing Lobi Luhut Supaya Batalkan Aturan Impor Baru

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement