Advertisement

Peringatan Hari Koperasi, Milenial Diajak Kembangkan Koperasi Digital

Ujang Hasanudin
Kamis, 13 Juli 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringatan Hari Koperasi, Milenial Diajak Kembangkan Koperasi Digital para peserta dan narasumber sarasehan bertajuk Urgensi Koperasi Digital untuk Milenial berfotto bersama di Angkringan dan Omah Kopi Emperan 69 di Dusun Singosaren, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul, Selasa (11/7 - 2023). (dok.panitia acara)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Generasi milenial dinilai lebih akrab dengan dunia digital. Kemampuan dalam dunia digital tersebut perlu dikembangkan dalam membangun koperasi.

Hal tersebut mengemuka dalam acara sarasehan  bertajuk Urgensi Koperasi Digital untuk Milenial  digelar oleh Jaringan Aktor Pelaku Pemajuan Kebudayaan di Angkringan dan Omah Kopi Emperan 69 di Dusun Singosaren, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul, Selasa (11/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Misi Suci Koperasi Perkuat Ekonomi Kerakyatan 

Sarasehan yang diikuti 60 orang tersebut menghadirkan narasumber Sugeng Iman Diryo selaku direktur KSP Adil dan Budi Kurniadi selaku enterpreuner. Budi Kurniadi menyampaikan tentang transformasi digital dan mengajak milenial untuk bergabung dengan Insan Populer Indonesia (Inpop).

“Saya mengajak teman-teman milenial untuk bergabung dengan koperasi Trikarya melalui INPOP Indonesia untuk menjadikan Trikarya Coop soko guru perekonomian negara dan menjadikan kita semua insan-insan kreatif menjadi insan yang semakin kreatif dan mandiri,” katanya.

Sementara Sugeng Iman Diryo menyampaikan pentingnya milenial untuk mengenal tentang koperasi digital dan mendapatkan manfaatnya.

Ketua Pelaksana Sarasehan, Gatot Wiriawan Extrianto menyampaikan bahwa sarasehan ini bertujuan untuk mengingat kembali perihal peran-serta generasi milenial di dalam aktivitas digital koperasi Indonesia, begitupun sebaliknya. “Terutama saat ini urgensi koperasi digital semakin krusial untuk diwujudkan melalui fungsi ekonomi kerakyatan,” katanya.

Menurutnya, saat ini koperasi Indonesia tengah merayakan ulang tahun ke-76 tahun, sebuah pencapaian yang patut diapresiasi, terutama tentang bagaimana koperasi dan generasi milenial masa kini bersama-sama melebur dalam era transformasi digital.

Ia mengatakan sarasehan koperasi kembali mengingatkan pada sosok Bapak Koperasi Indonesia, yakni Moh. Hatta, sang Proklamator Indonesia. Pada 12 Juli tahun 1960, beliau menegaskan kembali bahwa koperasi adalah ujung tombak ekonomi kerakyatan, terutama setelah bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

Pada momen itu pun Bung Hatta selalu berpijak pada gerakan koperasi pertama di Indonesia semasa penjajahan Belanda. Tepatnya di tahun 1896 oleh Patih Wiriaatmadja yang melalui aktivitas koperasi dapat menolong para petani dan pedagang kecil dari jeratan hutang.

“Setelah menarik garis ingatan bertahun-tahun silam, tentu kita semakin menyadari bahwa keberlanjutan usia koperasi sangat bergantung pada  generasi penjaga ekonomi kerakyatan. Saat ini kita pun mendapati fakta bahwa para remaja milenial sangat handal di berbagai bidang kehidupan modern. Secara khusus pada tata kelola keuangan berbasis teknologi masa kini,” paparnya.

Gatot menyatakan sarasehan Urgensi Koperasi Digital untuk Milenial menemukan sejumlah gagasan penting terkait perjalanan hidup Koperasi, Semangat Generasi Muda, dan terutama Penguasaan Teknologi Digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bangun Kota Cerdas, Pusat Data IKN Dilengkapi Komputasi Performa Tinggi

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement