Advertisement

Gedung PDIN Jogja, Jadi Saksi Puncak Semarak Hari Koperasi ke 76

Media Digital
Rabu, 19 Juli 2023 - 19:32 WIB
Maya Herawati
Gedung PDIN Jogja, Jadi Saksi Puncak Semarak Hari Koperasi ke 76 Puncak acara Semarak Hari Koperasi ke 76 Kota Jogja,di Gedung Pusat Desain Industri Nasional, Jl C Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Jogja, Selasa (18/7 - 23). / ist

Advertisement

JOGJA—Gedung Pusat Desain Industri Nasional, Jl C Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Jogja menjadi puncak acara Semarak Hari Koperasi ke 76 Kota Jogja, tepat di Selasa (18/7/23).

Acara dibuka dengan laporan dari ketua panitia semarak Hari Koperasi ke 76 Kota Jogja Saifu Rijal dan menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan rangkaian hari koperasi, adalah Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Jenjang SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023 yang lalu.

Advertisement

Sebagai Juara Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian yaitu jenjang SMP, juara 1 SMP N 10 Jogja, juara 2 SMP N 8 Jogja, juara 3 SMP N 9 Jogja. Jenjang SMA/SMK, juara 1 MAN 1 Jogja, juara 2 SMAN 1 Jogja, Juara 3 SMA N 8 Jogja. Jenjang Perguruan Tinggi, juara 1 Kopma Universitas Islam Indonesia, juara 2 Kopma Universitas Ahmad Dahlan-Tim Ahmad Wida Fauzan, juara 3 Kopma Universitas Ahmad Dahlan-Tim Ine Diah Wardana.

Kegiatan pemasangan Spanduk Semarak Hari Koperasi ke 76 yang dimulai 24 Juni 2023 di koperasi-koperasi di Wilayah Kota Jogja. Sedangkan audiensi ke Media cetak di Tribun Jogja, KR, Koran Merapi, dan Harian Jogja pada 26 Juni 2023, dan di hari berikutnya sudah dimuat di media cetak masing-masing.

Selanjutnya talkshow di RBTV pada 27 Juni 2023 dengan nadasumber Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Drs Tri Karyadi Riyanto Raharjo dan Ketua Panitia Hari Koperasi Ke 76 Kota Jogja Saifu Rijald.

Berikutnya adalah donor darah bersama Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo, M.Ed dengan target 76 kantong darah, dan target tercapai dengan 87 kantong darah pada saat acara dari 121 pendaftar.

BACA JUGA: Penyalahgunaan Tanah Kas Desa: SPBU, Kafe, sampai Indekos di Sleman Besok Disegel Satpol PP

Acara Obrolan Komunitas di Radio RRI Pro 1 Jogja pada 11 Juli 2023 bersama: Ketua Panitia Hari Koperasi ke 76 Kota Jogja Saifu Rijal, Ketua Dekopinda Kota Jogja Iskandar, Sub Koordinator Kelembagaan Koperasi Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sigit Dwinanto dan

Ketua Koperasi Istana Negara Jogja, Nova Heni Susanti dan upacara peringatan Hari Koperasi Ke 76 tanggal 17 Juli 2023 di Lapangan Balai Kota Jogja serta Puncak Semarak Hari Koperasi Ke 76 tanggal 18 Juli 2023 dengan mengadakan Lomba Paduan Suara “Aku Cinta Koperasi” dan Lomba debat perkoperasian jenjang SMA/SMK dengan peserta 5 besar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang SMA/SMK.

Sedangkan agenda yang belum dilaksanakan dalam lomba Tenis Meja yang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2023 memperebutkan Piala Ketua DPRD Kota Jogja dengan peserta Pengurus/Pengawas/Pengelola Koperasi dan Pegawai Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

Agenda Senam Sak Obahe yang akan dilaksanakan pada 10 September 2023 di Jl Ipda Tut Harsono depan Rumah Dinas Walikota Jogja dengan menampilkan bazar UMKM anggota koperasi dengan target 1000 peserta senam, serta Studi Tiru ke Kospin Jasa Pekalongan yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

Di acara puncak semarak ini, sambutan oleh Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Bapak Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo. menyampaikan bahwa puncak Hari Koperasi yang ke 76 ini melakukan kegiatan baru, yaitu Lomba Paduan Suara Aku Cinta Koperasi dan Lomba Debat antar SMA/SMK Se Kota Jogja.

Tujuan diadakannya lomba paduan suara agar insan koperasi familier dengan lagu koperasi. Biasanya insan koperasi hanya mendengarkan lagu mars koperasi, diharapkan setelah mengikuti lomba dapat ikut menyanyikan lagu mars koperasi.

Sedangkan untuk lomba debat tingkat SMA/SMK, diharapkan mampu memberikan sudut pandang baru dan mampu mengajak para Generasi Z untuk turut aktif berkoperasi. Generasi Z diharapkan mampu turut aktif untuk mengembangkan koperasi dengan segala inovasi dan kreativitas yang dimiliki.

Lomba paduan suara kali ini ikuti oleh 7 koperasi dan keluar sebagai juara 1 Koperasi Wanita Aisyiyah Sopo Tresno, juara 2 Koperasi Wanita Dewi Sri, juara 3 Koperasi 3 Koperasi Mageri Urip, sedangkan juara Harapan 1 KPRI Bakti Mulia, Harapan 2 Koperasi Pondok Pesantren Al Barokah Mualimat Muhammadiyah Jogja.

Sedangkan lomba debat perkoperasian antar SMA/SMK sebagai juara 1 SMA N 1 Jogja, juara 2 MAN 1 Jogja, juara 3 SMK N 1 Jogja, juara  barapan 1 SMA N 9 Jogja dan harapan 2 SMA N 8 Jogja. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tim SAR Temukan Korban Tenggelam Sungai Ciliwung

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement