Advertisement

Bantul Anggarkan Rp13,1 M untuk untuk Pengadaan 1.003 LPJU

Ujang Hasanudin
Kamis, 27 Juli 2023 - 13:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Bantul Anggarkan Rp13,1 M untuk untuk Pengadaan 1.003 LPJU Anggota DPRD Bantul, Yasmuri (kedua dari kanan) saat meresmikan secara simbolis Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Area Permakaman Sunan Cirebon, Dusun Cengkehan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul, Rabu (26/7/2023). (Istimewa - dok.warga)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul menganggarkan Rp13,1 miliar untuk pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tahun ini. LPJU tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan yang menjadi kewenangan kabupaten, kalurahan, hingga perdukuhan.

“Anggaran senilai Rp13,1 miliar itu untuk pengadaan LPJU sebanyak 1.003 unit,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, Kamis (27/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Tahun Ini 12 Titik Jalan di Gunungkidul Dipasangi LPJU, Di Mana?

Singgih mengatakan pengadaan LPJU itu untuk jalan umum yang ada di semua kapanewon dan 75 kalurahan, salah satunya adalah ruas jalan Karangkulon-Giriloyo-Cengkehan di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri. Jalan tersebut sebelumnya gelap gulita saat malam hari, namun kini sudah terang benderang di jalan sepanjang tiga kilometer itu.

Pemasangan LPJU di kawasan itu diakui Singgih untuk mendukung perekonomian warga, karena Karangkulon-Giriloyo-Cengkehan merupakan kawasan wisata, di antaranya wisata batik, pusat gurah, hingga wisata religi karena ada makam  Sunan Cirebon, dan sejumlah pondok pesantren.

Pemasangan LPJU di ruas jalan Karangkulon-Giriloyo-Cengkehan secara simbolis diresmikan pada Rabu (26/7/2023) malam. Peresmian dihadiri oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Yasmuri; lurah Wukirsari, Susilo Hapsoro, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat.

“Harapan kami semoga aktivitas ekonomi di kawasan tersebut terutama saat malam terus bergeliat. Demikian keamanan dan kenyamanan juga terjaga,” ucapnya.

Lebih lanjut Singgih mengatakan meski jumlah LPJU setiap tahun bertambah, namun untuk perawatan LPJU sangat tidak mudah karena anggaran perawatan LPJU per tahun sangat minim. Tahun ini saja anggaran perawatan LPJU hanya Rp450 juta. Padahal idelanya Rp1,5 miliar untuk perawatan LPJU yang menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan di sekitar 13.500 titik di wilayah Bumi Projotamansari.

Menurutnya biaya perawatan bukan hanya penggantian lampu atau bohlamnya. Namun perlu perawatan suku cadang sampai Miniature Circuit Breaker (MCB) pada box meteran listrik yang terkadang hilang dicuri orang. “Jadi kalau LPJU malam hari itu mati belum tentu bohlamnya yang mati, namun MCB-nya hilang dimaling,” katanya.

Singgih menambahkan, tahun ini juga pihaknya berencana untuk membeli satu truk skylife untuk mempermudah perawatan LPJU. Dengan adanya tambahan satu armada skylife tersebut total ada tiga unit armada skylife, sehingga dalam perawatan LPJU bisa dibagi di Bantul barat, tengah, dan timur.

Sementara Anggota DPRD Bantul, Yasmuri mengapresiasi Dinas Perhubungan Bantul yang terus melakukan pengadaan hingga perawatan LPJU sampai ke perdukuhan, salah satunya di perdukuhan Karangkulon-Giriloyo-Cengkehan sebanyak 20 unit LPJU. “Ruas jalan sepanjang tiga kiklometer itu saat ini sudah terang benderang alhamdulillah. Harapannya sangat bermanfaat buat masyarakat karena ruas jalan ini banyak potensi wisata,” ucapnya.

Selain untuk menggeliatkan perekonomian warga, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai ketika jalan sudah terang benderang dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena medan tersebut banyak kelokan. Kemudian potensi pencurian juga diharapkan minim karena jalannya sudah terang.

Yasmuri menyatakan Dewan akan mengawal proses penaggaran untuk penerangan jalan umum. Menurutnya, sumber anggaran penerangan jalan umum tidak hanya dari anggaran reguler Dinas Perhubungan, namun juga bisa dari Pagu Indikatif Kapanewon (PIK) hasil Musrenbang, dan Pokok-pokok Pikiran (Pokir) Dewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement