Advertisement

1.200 UMKM Jogja Ditargetkan Punya Sertifikasi Halal

Triyo Handoko
Jum'at, 28 Juli 2023 - 02:17 WIB
Sunartono
1.200 UMKM Jogja Ditargetkan Punya Sertifikasi Halal Suasana penyerahan simbolis sertifikat halal oleh Sekda Jogja Aman Yuriadijaya pada pelaku UMKM di wilayahnya, Rabu (27/7/2023). - Dok Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja berusaha menambah jumlah pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) diwilayahnya memiliki sertifikat halal. Tahun ini Pemkot Jogja menargetkan 1.200 UMKM memiliki sertifikat tersebut.

Realisasi target tersebut terus diupayakan, terutama dengan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jogja. Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja Aman Yuriadijaya menyebut sertifikat halal penting dimiliki pelaku UMKM Jogja agar dapat meperluas pangsa pasar produknya.

Advertisement

BACA JUGA : Produk UMKM Pedesaan Perlu Didaftarkan Sertifikasi Halal

Pemkot Jogja, jelas Aman, terus memfasilitasi UMKM diwilayahnya untuk mendapat sertifikat tersebut terutama dengan membuka konsutasi gratis. “Sertifikat halal adalah kunci utama pemasaran produk, apalagi sekarang jadi syarat ekspor dengan target negara-negara muslim,” ujarnya, Rabu (27/7/2023) kemarin.

Selain memperluas pangsa pasar, menurut Aman, sertifikat halal juga dapat meningkatan daya saing produk UMKM dari Jogja. “Apalagi 2024 nanti semua produk makanan dan minuman harus semuanya memiliki sertifikat halal, makanya kami terus mendorong pelaku UMKM untuk melakukan sertifikasi,” katanya.

Kepala BPJPH Kemenag Jogja Handri Kusuma terus melakukan pendampingan pelaku UMKM untuk memenuhi target sertifikasi halal sebanyak 1.200 produk tersebut. “Akselerasi sertifikasi halal sudah kami gencarakan dengan baik, seperti kini kami secara simbolis membagikan 10 pelaku UMKM sertidikat halal,” katanya..

Handdri menjelaskan dalam proses akselerasi sertifikasi halal ini akan mempriritaskan UMKM dalam bidang kuliner. “Karena produk kuliner memang ditargetkan untuk diperbanyak sertifikasi halalnya,” jelasnya.

BACA JUGA : Raih Sertifikat Halal, Lawson Makin Mantap Sediakan Produk Berkualitas dan Halal

Selain pendampingan, jelas Handdri, BPJPH Kemenag akan berkooridnasi dengan Pemkot Jogja untuk memenuhi target tersebut. “Koordinasi akan diintesifkan agar target dapat tercapai dengan cara yang efektif, terutama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jogja,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demokrat Tolak Usulan PDIP Soal Legalisasi Politik Uang

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement