Advertisement

Volume Sampah Pasar di Jogja Sukses Dikurangi hingga 9,5 Ton

Triyo Handoko
Selasa, 01 Agustus 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Volume Sampah Pasar di Jogja Sukses Dikurangi hingga 9,5 Ton Salah satu upaya penanganan sampah anorganik di pasar Jogja. Dok Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 29 pasar di Kota Jogja berhasil menurunkan volume sampahnya. Jika sebelumnya volume sampah di 29 pasar ini mencapai 17 ton per hari, kini sudah turun jadi 7,5 ton per hari.

Penurunan volume sampah di 29 pasar di Kota Jogja tersebut karena gencarnya Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) yang diinisiasi pengelola pasar. Tak berhenti dengan menggencarkan GZSA, kini Dinas Perdagangan (Disdag) juga akan mulai membangun biopori di beberapa pasar untuk menurunkan volume sampah.

Advertisement

Pembangunan biopori di pasar akan dilakukan di beberapa pasar yang memiliki lahan yang cukup seperti Pasar Beringharjo, Pasar Giwangan, hingga Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy). “Ketiga pasar itu masuk cukup lahannya untuk bikin biopori, nanti dibikin untuk mengurangi volume sampah,” kata Kepala Disdag Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani, Selasa (1/8/2023).

Lewat rencana pembangunan biopori di pasar tersebut, kata dia, Disdag menargetkan ulang penurunan volume sampah di pasar yang dikelolanya. “Lewat biopori di pasar ini kami targetkan sampah turun empat ton, jadi 3,5 ton saja perhari,” ujar Ambar.

BACA JUGA: Sudah Ada 9 Depo Sudah Dibuka, Pemkot Duga Pembuang Sampah Juga dari Warga Luar Jogja

Keberhasilan menurunkan sampah pasar, lanjut Ambar, lantaran para pedagang menyadari pentingnya pengelolaan sampah bersama sehingga bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya. “Karena pedagang punya rasa bertanggung jawab, sebelumnya kami sosialisasikan pentingnya pengelolaan ini dengan pemilahan. Lalu para pengelola pasar juga turut memfasilitasi pedagang ini dengan baik,” terangnya.

Lurah Pasar Beringharjo Timur, Udiyitno menyebut pihaknya rutin melakukan pemantauan sampah setiap harinya. “Kami pantau rutin, setiap pagi dan siang. Kami ingatkan para pedagang kalau ada sampah yang belum dikelolanya, itu saja selama ini,” ucapnya.

Selain pedagang, jelas Udiyitno, pengelola Pasar Beringharjo juga rutin mensosialisasikan pengolahan sampah ke para pengunjung. “Kami pasang beberapa poster, kami lakukan pengumuman juga untuk para pengunjung menjaga sampahnya masing-masing karena kami juga sudah sediakan tempat sampahnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PWA DIY Bergerak Membantu Masalah Air Bersih di Beberapa Wilayah DIY

News
| Rabu, 27 September 2023, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement