Advertisement

Komisi C DPRD Sleman Desak Sleman Sediakan 6 TPSS, Ini Alasannya

Abdul Hamied Razak
Selasa, 01 Agustus 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Komisi C DPRD Sleman Desak Sleman Sediakan 6 TPSS, Ini Alasannya Ketua Komisi C, Rahayu Widi Nuryani. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Komisi C DPRD Sleman melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke TPST Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (31/7/2023). Dalam kunker tersebut, Komisi C menemukan sejumlah fakta.

Ketua Komisi C, Rahayu Widi Nuryani menjelaskan kunker ke TPST Tamanmartani dilakukan untuk melihat progres pembangunan yang digadang-gadang selesai pada 10 Agustus ini. Saat melihat di lokasi, progres pembangunan masih jauh dari target, yakni sekitar 30-40% saja.

Advertisement

BACA JUGA: TPA Piyungan Ditutup Mulai Hari Ini, Berikut Antisipasi yang Dilakukan Pemerintah agar Sampah Tak Menumpuk

"Padahal targetnya sudah beroperasi pada 10 Agustus. Kami pun meminta agar proses pembangunan TPST Tamanmartani harus sesuai target. Setidaknya tanggal 9 Agustus harus selesai karena akan beroperasi pada 10 Agustus," kata Rahayu saat dihubungi, Selasa (1/8/2023).

Selain itu, Komisi C juga memantau lokasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) yang tidak jauh dari TPST Tamanmartani. Ternyata, lanjut politisi PKB ini, TPSS yang disediakan hanya bisa menampung sampah 50 ton per hari.

"Padahal di Sleman per harinya bisa 300 ton. Kalau hanya bisa menampung 50 ton, yang 250 ton sampah mau dibuang ke mana? Jadi kami dorong DLH [Dinas Lingkungan Hidup] Sleman untuk menyediakan lima TPSS tambahan atau total 6 TPSS," tandasnya.

Nunung sapaan Rahayu Widi Nuryani menyerahkan sepenuhnya lokasi kelima TPSS yang diminta Komisi C DPRD Sleman kepada DLH Sleman untuk mencari tempat tersebut. Dengan syarat, lanjutnya, lokasi lima TPSS tambahan tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar.

"Kami berharap lima hari lagi TPSS tambahan sudah bisa digunakan. Kami juga meminta DLH aktif melakukan pengambilan sampah dari masyarakat," ujarnya.

Target 4 TPST

Nunung menjelaskan, selain operasional TPST Tamanmartani, Komisi C juga mendesak agar Pemkab Sleman segera membangun TPST Sendangsari Minggir. Alasannya, Detail Engineering Design atau DED TPST Sendangsari sudah ada tinggal proses pembangunannya.

"Targetnya tahun ini dua TPST, di Tamanmartani dan Sendangsari. Tahun depan kami juga mendorong dua TPST tambahan juga berdiri sehingga Sleman memiliki empat TPST pada tahun depan untuk bisa mengelola sampah secara mandiri," katanya.

Dijelaskan Nunung, masalah sampah merupakan masalah klasik yang sampai hari ini belum terpecahkan. Untuk mengurangi tumpukan sampah, katanya Bupati Sleman sebenarnya juga telah mengeluarkan surat edaran terkait adanya pemilahan sampah dari rumah tangga.

"Jadi masalah sampah ini merupakan persoalan bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Pekan depan, kami akan memanggil DLH Sleman untuk mengetahui progres penanganan sampah termasuk tambahan lima TPSS itu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement