Advertisement

Festival Kethoprak Jogja, Ketahanan Budaya Harus Terus Diperkuat

Triyo Handoko
Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Festival Kethoprak Jogja, Ketahanan Budaya Harus Terus Diperkuat Suasana penampilan Festival Kethoprak Jogja yang digelar di Museum TNI AD Dharma Wiratama pada Rabu malam (2/8 - 2023). Dok. Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menggelar Festival Kethoprak Jogja 2023 selama tiga hari dimulai pada Rabu (2/8/2023). Festival ini bertujuan untuk terus meregenerasi pelaku seni pertunjukan tradisi dan menguatkan ketahanan budaya di Kota Pelajar.

Pembukaan Festival Kethoprak Jogja 2023 digelar di Museum TNI AD Dharma Wiratama pada Rabu malam. Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya menyatakan seni pertunjukan dapat menjadi media untuk membangun sifat kolegia masyarakat dan nilai gotong-royong yang lebih optimal.

Advertisement

“Kehadiran seni ketoprak di tengah masyarakat menjadi penting dalam pembangunan karakter dan sistem sosial kaitannya untuk menciptakan iklim kondusif di Kota Jogja yang masyarakatnya sangat beragam,” katanya saat pembukaan acara.

BACA JUGA: Malioboro Jadi Jalur Pedestrian, Ini Gedung dan Bangunan yang Hilang

Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja yang menyelenggarakan gelaran ini mengajak 14 kemantren untuk berpartisipasi. “Seni ketoprak merupakan aset dan potensi budaya, selain menjadi seni pertunjukan yang dapat menjadi tontonan juga tuntunan, mengenai latar belakang sejarah dan budaya. Ini langkah untuk memotivasi anak muda agar ikut melestarikan dan berpartisipasi aktif, menyukai serta bangga dengan seni budaya yang dimiliki,” kata Kepala Disbud Kota Jogja, Yetti Martanti saat ditemui, Kamis (3/8/2023).

Yetti menjelaskan partisipasi masyarakat Jogja di 14 kemantren tak hanya dalam penyelenggaraan Festival Kethoprak Jogja 2023 saja. “Sebelumnya para pegiat seni ketoprak juga berpartisipasi dalam latihan, nantinya akan dipilih penampil terbaik untuk menjadi wakil Kota Jogja di ajang Festival Kethoprak Tingkat DIY,” katanya.

Tema Festival Kethoprak Jogja 2023 yakni Labuh Ibu Pertiwi. “Tema yang ditampilkan mengenai kecintaan pada Tanah Air, dan tema ini sesuai dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI, agar menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk ikut melestarikan seni ketoprak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement