Advertisement

Ratusan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di DIY Hasilkan 10 Mega Watt

Triyo Handoko
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Ratusan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan di DIY Hasilkan 10 Mega Watt Panel Surya - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemda DIY memiliki ratusan unit pembangkit listrik energi terbarukan. Ratusan unit pembangkit listrik tersebut menghasilkan sekitar 10 mega watt tiap beroperasinya.

Data Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) DIY mencatat terdapat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebanyak 300 unit yang tersebar di masyarakat dan 10 unit PLTS di gedung pemerintahan. Lalu pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebanyak dua unit di Kulonprogo, beberapa unit pembangkit listrik tenaga hybrid (PLTH) di Pantai Baru, Bantul, hingga pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTB) di Madukismo, Bantul.

Advertisement

Kapasitas dua PLTMH di Kulonprogo sebesar 700 kilo watt, sementara PLTS rata-rata berkapasitas 100 watt dimana totalnya 1,06 mega watt. Sementara PLTB yang terdapat di Madukismo, Bantul kapasitasnya 3,75 mega watt. “Bauran energi listrik saat ini kami untuk energi terbarukan mencapai 6,47 persen dari total energi listrik yang ada di DIY,” kata Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas PUPESDM DIY, Yustina Ika Kurniawati, Jumat (4/8/2023).

BACA JUGA: Kena Kasus Tanah Kas Desa, Kini SPBU Mudal Dibuka Lagi, Ini Sebabnya

Yustina menjelaskan pihaknya memiliki target bauran energi sebesar 6,6 persen yang bersumber dari energi terbarukan pada 2025 mendatang. “Kalau lihat target ini cukup realistis, dapat diwujudkan dengan membangun unit pembangit listrik energi terbarukan di titik baru,” jelasnya.

Anggaran terbesar dalam program energi terbarukan di DIY, jelas Yustina, adalah pemeliharaan pembangkit listriknya dimana besarnya Rp119 juta pertahun. “Karena masih banyak unit yang kami pelihara, belum dihibahkan ke masyarakat sepenuhnya meskipun penerima manfaatnya masih masyarakat,” terangnya.

Hibah pembangkit listrik energi terbarukan ke masyarakat, lanjut Yustina, dapat dilakukan jika masyarakat yang mengoperasikannya bersedia merawatnya. “Kesediaan ini dibuktikan dengan kelompok pengelola, manajemen, dan rencana pengelolaannya,” katanya.

Salah satu hibah yang sudah dilakukan Pemda DIY terhadap pengelolaan pembangkit listrik dilakukan di Kulonprogo, sambung Yustina, dimana bentuknya adalah PLTMH. “Kami hibahkan karena mereka sudah mandiri dalam mengelolanya, mereka bikin kelompok dimana rutin mengadakan perkumpulan yang membahas pengelolaan termasuk pembiayaan pengelolaan,” ujarnya.

PLTMH tersebut digunakan sekitar 60 keluarga dimana cukup menghemat penggunaan listrik PLN. “Mereka juga iuran rutin tiap bulan untuk operasional PLTMH itu karena perlu juga untuk beli oli pelumas dinamo, perawatan instansi dan semacamnya. Mereka sudah mandiri dan dapat memanfaatkannya dengan baik,” pungkas Yustina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Desak Pemberian Hak Istimewa untuk Palestina di Sidang Umum PBB

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement