Advertisement

Dua Kapanewon di Kulonprogo Ini Terima Hibah 25 Unit Instalasi Pemanenan Air Hujan

Andreas Yuda Pramono
Senin, 21 Agustus 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Dua Kapanewon di Kulonprogo Ini Terima Hibah 25 Unit Instalasi Pemanenan Air Hujan Ilustrasi bak penampungan air. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo akan memberikan hibah Instalasi Pemanenan Air Hujan (IPAH) untuk dua kapanewon di Kulonprogo, yaitu Kokap dan Pengasih.

Kepala DLH Kulonprogo, Sumarsana, mengatakan bahwa IPAH yang akan dihibahkan tersebut menjadi bagian dari upaya konservasi air. "Harapan kami, air yang nanti ditampung dapat bertahan beberapa bulan di musim kemarau. Selain itu agar air juga tidak langsung lari ke sungai. Air ditahan di IPAH dan di sekitarnya juga akan kami buat resapan," kata Sumarsana, Senin (21/8/2023).

Advertisement

Dia mengakui bahwa air hujan yang merupakan sumber daya alam sejauh ini memang masih belum dimanfaatkan secara optimal. Air hujan juga menyebabkan banjir karena tidak ditangani secara tepat.

Oleh sebab itu, IPAH yang akan dihibahkan ke dua kapanewon dapat membantu mengatasi beberapa permasalahan seperti kekeringan dan banjir. Jelas dia, IPAH dapat dikembangkan dan dikelola bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Bahkan menurut Sumarsana bisa dikomersilkan.

"Prinsip dasar IPAH sendiri adalah dengan mengalirkan air hujan yang jatuh di permukaan atap melalui talang air kemudian ditampung ke dalam tangki penampung. Selanjutnya limpasan air dari tangki penampung yang mengalir keluar diresapkan kembali ke dalam tanah melalui sumur resapan sehingga IPAH termasuk ke dalam upaya konservasi air," ucap dia.

BACA JUGA: Kekeringan Mengancam DIY, BPDB Upayakan Sumur Bor

Adapun, tiga tujuan utama yang menjadi sasaran hibah IPAH tersebut yaitu penyediaan swasembada air berkualitas tinggi dan lembut serta rendah mineral dan pengurangan biaya untuk memompa air tanah. Selain itu, ada juga pengurangan emisi juga menjadi upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim akibat pemanasan global.

Sumarsana mengatakan pagu anggaran untuk kegiatan hibah IPAH tersebut mencapai Rp175,5 juta yang berasal dari APBD 2023. Lokasi sasaran mencakup Kapanewon Kokap dan Pengasih dengan rincian Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan  (LPMK) Kalirejo Kokap mendapat 13 unit, LPMK Karangsari Pengasih sebanyak tiga unit, LPMK Sendangsari Pengasih mendapat satu unit, dan LPMK Sidomulyo Pengasih mendapat delapan unit.

"Kalirejo Kokap itu masuk daerah sulit [air], lalu Karangsari, Sendangsari, dan Sidomolyo itu masuk daerah sedang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Bus di Subang, Korban Meninggal Dunia Jadi 11 Orang

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement