Advertisement

Unggulkan Keberagaman Budaya, Kampung Wisata Sosromenduran Juara Lomba Desa Wisata

Triyo Handoko
Rabu, 23 Agustus 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Unggulkan Keberagaman Budaya, Kampung Wisata Sosromenduran Juara Lomba Desa Wisata Sultan HB X saat memberikan penghargaan pada Kampung Wisata Sosromenduran yang juara III Lomba Desa Wisata. Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kampung Wisata Sosromenduran, Kemantren Gedongtengen mendapat juara III dalam Lomba Desa Wisata DIY. Gelar juara III yang diperoleh Kampung Wisata Sosromenduran membuat pengelolanya terus termotivasi untuk mengembangkan sektor pariwisata di wilayahnya tersebut.

Salah satu keunggulan Kampung Wisata Sosromenduran adalah keberagaman budaya yang terus hidup di dalam masyarakatnya. Dimana terdapat berbagai budaya yang terakulturasi yaitu Jawa dan Tionghoa. Salah satu contoh akulturasi budaya tersebut ditandai dengan kehadiran pengrajin barongsai di Kelurahan Sosromenduran itu.

Advertisement

BACA JUGA : Berlangsung Meriah, Festival Kampung Wisata Jogja Digelar di Pura Pakualaman

Pengurus Kampung Wisata Sosromenduran Edi Dwi Subagyo menjelaskan tak hanya pengrajin barongsai, di wilayahnya juga kerap menampilkan atraksi barongsai. “Atraksi barongsai ini salah satu keunggulan kami, selain itu juga ada pengrajin kerajinan lain di kampung wisata kami,” katanya, Selasa (22/8/2023).

Edi menjelaskan kampung wisata yang dikelolanya juga memiliki atraksi bregada hingga seni tradisi lain seperti tari, karawitan, hingga keroncong. “Selain potensi kerajinan dan atraksi seni, jarak kampung wisata  kami dengan pusat wisata Malioboro juga tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Capaian di ajang Lomba Desa Wisata ini, menurut Edi, akan dijadikannya bahan untuk terus memotivasi pengurus kampung wisatanya untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada. “Kami juga mengapresiasi Pemkot Jogja yang terus mendukung kami, termasuk fasilitasi-fasilitasi yang sudah diberikan,” tuturnya.

Penghargaan Kampung WIsata Sosromenduran diberikan langsung oleh Sultan HB X. Gubernur DIY ini berpesan kepada seluruh pengelola kampung wisata agar terus meningkatkan sektor pariwisata ini karena memperbanyak lapangan pekerjaan. “Sehingga tidak hanya di kota saja yang memiliki banyak lapangan pekerjaan. Tetapi di desa mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi desa yang inovatif, kreatif yang pastinya didukung dengan manajemen yang benar,” kata Sultan dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA : Mahasiswa Asing Minati Wisata Kampung Sayur di Bausasran Jogja

Sultan menilai kampung wisata memiliki potensi besar menggerakan perekonomian masyarakat. ““Kami berharap, tidak hanya sampai disini. Tumpuan desa haru membuka lapangan kerja baru, supaya cukup bekerja di desa. Karena potensi desa tumbuh dan berkembang untuk mandiri khususnya pada perkembangan pariwisata,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gus Halim Yakin Prabowo Punya Komitmen Tinggi Majukan Desa

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement