Advertisement

Polda DIY Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bukit Watu Gagak Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 23 Agustus 2023 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Polda DIY Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bukit Watu Gagak Bantul Kapolda DIY (ketujuh dari kiri) bersama Forkompinda Bantul saat menanam pohon di Bukit Gagak, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Rabu (23/8 - 2023). (Istimewa/dok.Polres Bantul)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polda DIY bersama jajaran Polres Bantul dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) menanam ribuan bibit pohon di Bukit Gagak, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Rabu (23/8/2023). Penanaman ribuan  bibit pohon tersebut merupakan salah satu bentuk mengisi kemerdekaan RI ke-78 dengan tema Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan penanaman pohon ini juga bagian dari kmendukung inisiasi Polri dalam pemecahan Rekor MURI penanaman pohon terbanyak secara serentak. Total ada 21 juta pohon yang hari ini ditanam oleh Polri di berbagai wilayah di Indonesia.

Advertisement

Sementara di DIY yang ditanam sebanyak 11.375 bibit pohon. “Bibit pohon Ini dari berbagai varian pohon yang memiliki akar kuat ya, mulai dari sirsak, pucuk merah, bungur, gayam, beringin, mahoni dan lain sebagainya," ujarnya melalui rilis tertulis Rabu (23/8/2023).

BACA JUGA: Pemda DIY Didorong Lebih Inovatif dan Kreatif, Ini Alasannya

Selain di Bukit Watu Gagak Bantul, kata Kapolda, penanaman pohon lainnya juga dilakukan di Polres Jajaran di setiap daerah di kabupaten/ kota se-DIY.

Dalam penanaman tersebut, Polda DIY bersinergi dengan anggota TNI, pemerintah daerah, serta para aktivis pencinta lingkungan. Uniknya, seluruh polisi dan elemen yang ikut dalam kegiatan itu menanam pohon dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

“Dengan maksud kita mendukung program penghijauan untuk bisa menghijaukan wilayah-wilayah di Indonesia,” katanya.

Kapolda juga mengatakan penanaman pohon dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjaga keberlangsungan kehidupan.

"Penanaman pohon dipilih sebagai salah satu bentuk kontribusi karena pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, mereduksi dampak perubahan iklim, serta mencegah terjadinya tanah longsor," pungkasnya.

BACA JUGA: 1.200 Warga Gunungkidul Dapat Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis

Sementara itu penanaman pohon secara nasional yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dilakukan di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement