Advertisement

Sleman Susun Draf Raperda Kawasan Tanpa Rokok, Diawali dengan Workshop

Catur Dwi Janati
Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Sleman Susun Draf Raperda Kawasan Tanpa Rokok, Diawali dengan Workshop Ilustrasi larangan merokok. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mulai menggelar workshop penyusunan draf Raperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Keberadaan Perda ini dinilai penting utnuk menekan angka perokok usia muda.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut digelarnya lokakarya ini. Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok ini, menurut Kustini, diperlukan untuk menekan adanya perokok usia muda.

Advertisement

Langkah ini juga mendukung upaya Pemkab Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Kustini berharap Perda ini dapat rampung pada 023.

"Kami sudah dua kali mendapatkan penghargaan KLA kategori Utama. Untuk bisa menjadi KLA, maka salah satu indikatornya harus ada Perda tentang KTR," kata Kustini, di Hotel Prima SR, Rabu (23/8/2023).

BACA JUGA: Kabel Jalan Sarkem Jogja Bakal Ditanam seperti di Tugu Pal Putih

Adanya Perda KTR dinilai Kustini juga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan begitu, keberadaan Perda ini juga dipandang akan berdampak positif terhadap upaya penurunan stunting di Kabupaten Sleman. "Ini bukan untuk melarang merokok. Tapi merokoklah pada tempat yang telah ditentukan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama mengungkapkan berdasarkan data yang dihimpun BPS Sleman pada tahun 2022, perilaku merokok usia 15 tahun ke atas mencapai 22,854.

Sementara studi lain menunjukkan bahwa remaja yang melakukan perilaku merokok dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, dalam hal ini adalah keluarga.  Mayoritas remaja perokok memiliki keluarga perokok sebesar 68,79 persen. "Sehingga perlu pengaturan melalui Perda KTR," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement