Advertisement

Lima Makam Terdampak Tol Jogja-Solo, Kalurahan Tunggu Mekanisme Relokasi

Catur Dwi Janati
Senin, 28 Agustus 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Lima Makam Terdampak Tol Jogja-Solo, Kalurahan Tunggu Mekanisme Relokasi Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak lima makam di Kalurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman bakal terdampak pembangunan tol Jogja-Solo. Pemerintahan Kalurahan berencana memindahkan kelima makam terdampak ke satu area makam yang luas, namun masih menunggu mekanisme relokasi makam yang akan diterapkan.

Rencana pemindahan tersebut disampaikan oleh Lurah Tirtoadi, Mardiharto. Pasalnya empat makam yang ada di Tirtoadi dipastikan kena gusuran pembuangan tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman. Sementara satu makam lainnya bakal terdampak tol Jogja-Solo seksi 3 Sleman-Kulonprogo. "Semua tanah kas desa, makam semua tanah kas desa," tegas Mardiharto pada Senin (28/8/2023).

Advertisement

Dari empat makam yang terdampak Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman, tiga makam di antaranya berada di Padukuhan Kaweden dan satu makam di Padukuhan Ketingan. Surat palilah konstruksi pembangunan tol pada empat tanah kas desa ini telah diberitakan.

Sementara satu makam di Tirtoadi yang terdampak tol Jogja-Solo seksi 3 Sleman-Kulonprogo ada di Padukuhan Rajek Lor. Untuk lokasi ini, surat palilah konstruksi masih belum terbit saat ini.

Meski surat palilah di empat makam telah terbit, Kalurahan masih menunggu proses lebih lanjut tentang mekanisme pemindahan makam. Termasuk perhitungan ganti rugi bangunan, tanaman, pagar, gerbang maupun aset lainnya yang ada di atas tanah kas desa.

"Palilahnya sudah, sudah diberi palilah. Tapi kan di atas tanah itu belum diganti rugi. Artinya kan ada bangunan. Tanah kas desa itu kan ada tanaman, ada [pagar dan lain-lain]," ungkapnya.

Sejatinya calon lokasi pemindahan makam telah ada. Hanya saya kini Mardiharto masih menunggu izin alih fungsi, dari lahan tanah kas desa peruntukan untuk pertanian menjadi lahan tanah kas desa untuk pemanfaatan pemakaman. "Baru kemarin suruh mengurus, jadi ini proses," katanya.

Rencananya, sejumlah makam terdampak tol Jogja-Solo di Tirtoadi akan dipindah dalam satu areal pemakaman besar. "Satu areal makam [dipindahkannya]. Nanti kan ditata, kalau ditata itu pindah di situ kalau bisa lebih bagus. Lebih bagus, kita harapannya gitu. Bukan hanya asal dipindah," katanya.

BACA JUGA: BPBD DIY Bersiap Hadapi Kekeringan hingga Januari 2024

Sebelumnya Carik Kalurahan Tirtoadi M. Ridwan mengatakan ada sejumlah makam terdampak tol di Tirtoadi. Akan tetapi Ridwan mengaku belum mendapat kepastian tentang mekanisme pemindahan makam tersebut. Meski demikian calon tanah untuk relokasi makam telah disiapkan dengan luasan 1200 meter persegi.

"Proses pemindahan dan sebagainya, mekanismenya seperti apa belum ada. Kalau di palilah yang memindahkan adalah yang menggunakan," jelasnya.

Di sisi lain, PPK pembebasan lahan tol Jogja-Solo, Dian Ardiansyah menuturkan terbitnya palilah membuat kontruksi sudah bisa dilaksanakan. Termasuk relokasi makam.

"Kami harus merundingkan secara detail, pemindahan itu seperti apa. Karena harus disediakan dulu tanahnya [relokasi]. Semua makam akan kami pindahkan. Misalnya, di sana ada 10 makam, ya nanti semuanya akan kami pindahkan dan akan kami kuburkan kembali," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement