Advertisement

Agar Tak Ditarik Retribusi 2 Kali, Wisatawan Watugupit Diimbau lewat Jalan Imogiri-Panggang

Yosef Leon
Senin, 04 September 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Agar Tak Ditarik Retribusi 2 Kali, Wisatawan Watugupit Diimbau lewat Jalan Imogiri-Panggang Ilustrasi TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Di media sosial, viral unggahan seorang wisatawan yang mengeluhkan penarikan retribusi hingga dua kali saat dia melewati jalur kawasan Parangtritis

Untuk itu, Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mengimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Paralayang Watugupit, Gunungkidul mestinya melewati jalur Imogiri-Panggang agar tidak ditarik retribusi dua kali.

Advertisement

Kepala Bidang Destinasi Dispar Bantul, Yuli Hernadi menjelaskan pihaknya sudah mengetahui soal keluhan wisatawan yang mengaku ditarik retribusi dua kali saat menuju Bukit Paralayang Watugupit jika melalui Parangtritis. Di TPR Parangtritis mereka nantinya akan diminta retribusi masuk dan saat masuk ke Bukit Paralayang juga membayar hal serupa. 

"Akhir pekan lalu saya memang ada di sana. Banyak yang tanya di TPR Parangtritis sudah ditarik retribusi kenapa di TPR Watugupit juga diminta lagi. Kami jelaskan bahwa areanya sudah beda kabupaten jadi memang harus bayar dua kali," kata Yuli, Senin (4/9/2023). 

BACA JUGA: Retribusi Wisata Gunungkidul Dipastikan Naik pada 2024

Dia menerangkan sulit bagi petugas jika memberlakukan penarikan retribusi hanya bagi pengunjung yang bertujuan ke kawasan Parangtritis, sementara mereka masuk lewat area itu. Oleh karena itu pengunjung yang masuk melalui TPR Parangtritis wajib membayar retribusi meskipun tujuannya tidak berkunjung ke area tersebut. 

"Kan sulit juga membedakan mana yang mau ke Parangtritis, mana yang hanya lewat dengan tujuan Watugupit. Kalau nanti diloloskan semua mereka ya mengaku ke Watugupit padahal nanti tujuannya ke pantai. Ini kan pengaruh sekali ke sektor PAD wisata," jelasnya. 

Itulah sebabnya, sebagai alternatif solusi, pihaknya mengimbau dan menyarankan kepada wisatawan dengan tujuan Bukit Paralayang Watugupit agar menempuh jalur Imogiri-Panggang jika ingin berkunjung ke area itu. Terutama kepada pengunjung yang menempuh perjalanan dari Jogja, menurut dia jalur itu tidak terlalu jauh dan masih memungkinkan untuk dilalui. 

"Pengunjung bisa lewat Imogiri arah Siluk terus naik, nanti lewat Panggang dan turunnya kan lewat Watugupit. Kalau begitu ya bayar retribusinya cuman pas di sana saja." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement