Advertisement

Seniman dan Rektor ISI Jogja Profesor Timbul Raharjo Tutup Usia

Yosef Leon
Selasa, 05 September 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Seniman dan Rektor ISI Jogja Profesor Timbul Raharjo Tutup Usia Timbul Raharjo / isi.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULRektor Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja Profesor Timbul Raharjo dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (5/9/2023) sore. Seniman patung yang juga aktif di Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan, Bantul itu dilaporkan meninggal dunia lantaran sakit yang diderita sejak seminggu terakhir.

Kabar tutup usianya Profesor Timbul dibenarkan oleh Pranata Humas ISI Jogja Heri Abi Burachman Hakim. Saat dikonfirmasi Heri menyebutkan bahwa Prof. Timbul meninggal dunia sore ini di Rumah Sakit Sardjito. "Iya betul. Memang Pak Rektor sore ini sudah tidak ada [meninggal dunia]," ujarnya, Selasa.

Advertisement

Heri belum bisa memastikan Profesor Timbul meninggal dunia sekitar pukul berapa. Ia mengaku belum mendapat informasi detail dari pihak keluarga. "Kalau pastinya, kami waktunya belum bisa dapat info apapun dari pihak keluarga tapi sore ini kabarnya," kata dia.

BACA JUGA: Debu Jalan Rusak Banyuroto-Nanggulan Ganggu Sekolah, Pemkab: Belum Masuk Prioritas

Menurut Heri, sejak seminggu terakhir kondisi kesehatan Profesor Timbul memang turun drastis. Seniman yang baru dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kriya di Fakultas Seni Rupa ISI Jogja pada akhir Maret silam itu juga sempat dirawat di RS Bethesda Jogja.

"Kalau bapak sejak seminggu terakhir kondisinya memang tidak sehat sehingga dibawa ke rumah sakit. Beliau meninggal di RS Sardjito tapi sebelumnya sempat dirawat di RS Bethesda," ungkap dia.

Heri menyebut masih berkoordinasi dengan jajaran pimpinan ISI Jogja dan pihak keluarga untuk menginformasikan jadwal pemakaman Profesor Timbul. "Kami juga belum tahu informasi pasti penyebabnya apa dan jam berapa. Detailnya saya belum dapat karena belum konfirmasi ke keluarga dan pimpinan lainnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement