Advertisement

Tol Jogja-Bawen, Konstruksi Jembatan di Atas Selokan Mataram Terus Dikebut

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 08 September 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Tol Jogja-Bawen, Konstruksi Jembatan di Atas Selokan Mataram Terus Dikebut Pekerjaan konstruksi jembatan jalan tol Jogja Bawen di atas Selokan Mataram, baik Elevated 1, Kamis (7/9/2023). Ist - ptjjb

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) mencatat progress kontruksi untuk Seksi 1 mencapai 53,66% dengan Progres pembebasan lahan sebesar 76,46% hingga Agustus 2023. Saat ini, proses pembangunan untuk Tol Jogja Bawen Seksi 1 difokuskan untuk konstruksi jembatan di atas Selokan Mataram.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa menjelaskan, setelah Serat Palilah Tanah Kalurahan dan Sultan Ground Terbit dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kawedanan Hageng Punokawan Datu Dana Suyasa, Tentang Pemberian Izin Sementara Pemanfaatan Tanah Kasultanan. PT Jasamarga Jogja Bawen mengoptimalkan pekerjaan kontruksi pada lahan yang sudah bebas.

Advertisement

BACA JUGA: Di Tirtoadi, Area Makam dan Masjid Terdampak Proyek Tol Jogja-YIA

Untuk saat ini Kegiatan Kontruksi Seksi 1 sedang dikerjakan secara pararel pekerjaan struktur meliputi Jembatan Kali Sangu Banyu tepatnya di STA. 72+950 yang berlokasi di Kalurahan Margokaton, Seyegan.

Begitu juga dengan konstruksi jembatan jalan tol Jogja Bawen di atas Selokan Mataram, baik Elevated 1, Elevated 2, Elevated 3, maupun Elevated 4 serta pembangunan Box Underpass, Box Culvert, Pekerjaan Badan Jalan (Common Borrow Material), Perbaikan Tanah (Stone Colomn).

"Rencana dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pekerjaan pemasangan Erection Girder STA 75+800 (Jembatan Kali Konteng), yang berlokasi di Kalurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman," katanya melalui keterangan persnya, Jumat (8/9/2023).

Terkait progres Lahan Seksi 1 terdapat penambahan lahan di wilayah DIY untuk keperluan Jalan Tol Jogja - Bawen, dari total 7 Desa, sudah dilakukan kegiatan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di 6 Desa. Adapun Progres lahan Seksi 6 SS Ambarawa–JC Bawen Provinsi Jawa Tengah, PT JJB sudah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait izin memulai kontruksi pada lahan milik Kabupaten Semarang.

BACA JUGA: Kapan Jenazah Pendekar PSHT Korban Tawuran di Taiwan Dipulangkan? Berikut Penjelasan BP3MI

Sebanyak 13 Bidang di Desa Kandangan sudah dilakukan musyawarah dengan luasan 13.226 m2, saat ini sedang menunggu hasil verifikasi dari Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN) terkait bidang-bidang yang memenuhi syarat untuk bisa dibayarkan.

"Untuk Desa Doplang sudah dilakukan Pembayaran Uang Ganti Kerugian sebanyak 6 bidang dengan luasan 3.930 m2 dengan niai Rp3.7 miliar," katanya.

Untuk progress Kontruksi Seksi 6 sedang dilakukan Pekerjaan Badan Jalan (Common Borrow Material) sisi Ramp On dan Off Bawen, pekerjaan pondasi (Borepile). "Target penyelesaian kontruksi Jalan Tol Jogja–Bawen Seksi 1 dan Seksi 6 tetap sesuai rencana," ujarnya.

Dalam hal kegiatan pembebasan lahan untuk keperluan proyek pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, PT JJB terus berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Pertahanan Nasional Kantor Wilayah DIY dan Provinsi Jawa Tengah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Slamet Berstatus Waspada, Pendaki Diminta Patuhi Larangan

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement