Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Keluarga Pemilah Sampah Dapat Insentif, Kweni Jadi Padukuhan Mandiri Pengelolaan Sampah

Lugas Subarkah
Jum'at, 08 September 2023 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Keluarga Pemilah Sampah Dapat Insentif, Kweni Jadi Padukuhan Mandiri Pengelolaan Sampah Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama beberapa pegiat sampah di Padukuhan Kweni, Panggungharjo, Sewon, Jumat (8/9/2023) - ist Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kweni, salah satu padukuhan di Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul, ditetapkan sebagai padukuhan Mandiri Pengelolaan Sampah. Di padukuhan ini, ada pemberian insentif bagi rumah tangga yang telah melakukan pemilahan sampah.

Lurah Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, menjelaskan pihaknya mewajibkan setiap warga untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dari masing-masing rumah tangga. Ia menegaskan ada pemberian insentif kepada keluarga-keluarga yang telah melakukan pemilahan.

Advertisement

“Di bulan Agustus kami menganggarkan insentif kurang-lebih Rp18 juta sekian, yang kami distribusikan kepada kurang lebih 1.800 keluarga yang telah memilah sampahnya,” ujarnya di Pendopo Kweni, Jumat (8/9/2023).

BACA JUGA: Jembatan Glagah Gelap dan Rawan Kecelakaan, Dishub Minta Penambahan Lampu

Sebagai dukungan dalam pengelolaan sampah, Pemkab Bantul memberikan sejumlah alat pengelolaan sampah organik berupa losida kaktus, komposter bag, ember tumpuk, dan bibit mentok yang diterima oleh Dukuh Kweni, Ketua Pokgiat Kweni, Ketua RT 06 Kweni, dan Bank Sampah Berseri Kweni.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengapreasiasi Padukuhan Kweni yang telah melakukan pilah sampah secara mandiri dari sumbernya. Menurutnya, Kweni merupakan suatu wilayah di Kabupaten Bantul yang padat penduduk. Oleh karena itu, permasalahan sampah menjadi hal yang perlu lebih diperhatikan.

Jika wilayah yang padat penduduk sudah bisa mengelola sampahnya secara mandiri, hal ini bisa menjadi teladan bagi wilayah lain agar juga dapat mengelola sampahnya sendiri. “Ini akan menjadi prototipe pengelolaan sampah bagi desa-desa lain,” kata dia.

Ia berpesan seluruh masyarakat dapat turut andil dalam penanganan masalah sampah. Kalurahan Panggungharjo yang telah dinyatakan sebagai Kalurahan percontohan dalam pengelolaan sampah harus terus disempurnakan sistem pengelolaannya.

“Kalurahan Panggungharjo sudah kita nyatakan sebagai Kalurahan percontohan. Karena memiliki sistem pengelolaan sampah yang relatif komprehensif, karenanya harus terus disempurnakan. Untuk itu kesadaran seluruh warganya ini menjadi kunci,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelewengan di Dana Pensiun BUMN, Erick Thohir: Harus Dihukum

News
| Rabu, 04 Oktober 2023, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement