Advertisement

FKY 2023 Akan Dibuka di Waduk Sermo, Ketahanan Pangan Jadi Tema Utama

Triyo Handoko
Selasa, 12 September 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
FKY 2023 Akan Dibuka di Waduk Sermo, Ketahanan Pangan Jadi Tema Utama Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi(kedua kiri) danKoordinator Steering Committee FKY, Butet Kartaredjasa (kiri), Selasa (12/9/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) akan digelar lagi tahun ini. Dengan mengusung tema Kembul Mumbul gelaran seni dan budaya tahunan ini rencananya dibuka di Waduk Sermo, Kulonprogo, Minggu, (24/9/2023).

Tema tersebut dipilih untuk menguatkan ketahanan pangan di DIY melalui medium kebudayaan.

Advertisement

FKY 2023 ini akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang, di mana lokasi penyelenggaraanya berpindah-pindah menyesuaikan program yang digelar. Dalam FKY 2023 ini juga diselenggarakan bergam program, mulai dari edukasi ketahanan pangan, inkubasi musisi, bazar buku, pasar produk ekonomi kreatif, hingga sejumlah pagelaran pertunjukan seni.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi menjelaskan FKY 2023 mencoba untuk merangkul beragam sektor. “Kami memosisikan FKY menjadi satu festival ikonik di DIY, yang tidak hanya dimiliki satu sektor, tetapi memang dimiliki oleh semua sektor dan masyarakat luas,” kata Dian, Selasa (12/9/2023).

Penyelenggaraan FKY yang sudah berlangsung 35 tahun terakhir, jelas Dian, terus melakukan inovasi agar terus relevan. “Kami melakukan penyesuaian terhadap konsep FKY sesuai visi-misi Gubernur DIY, maupun dengan isu-isu yang berkembang di DIY selama ini,” paparnya.

BACA JUGA: FKY 2022: Mengumpulkan Mozaik Cerita lewat Peristiwa Sastra

Salah satu inovasi tersebut, jelas Dian, adalah penyelenggaraan program FKY yang berpindah-pindah dan tak terpusat dengan melibatkan seluruh kabupaten/kota di DIY. “Melalui skema ini, FKY berupaya menyingkap dinamika kebudayaan diy yang lebih berwarna dan berdaya,” turtunnya.

Koordinator Steering Committee FKY 2023, Butet Kartaredjasa menjelaskan konsep yang dibawa FKY hendak memperluas makna kebudayaan itu sendiri. “Selama ini secara nasional dalam berbagai kebijakan dan politik anggaran, kebudayaan disederhanakan hanya urusan kesenian saja, ini cara berpikir yang keliru,” ungkapnya.

Butet menjelaskan kebudayan berkelindan dengan peradaban manusia, salah satunya cara menyediakan pangan. “Artinya FKY 2023 menampilkan berbagai hal berkaitan dengan masalah pangan, sumber pangan, isu pertanian, hasil pangan yang diolah menjadi karya kreatif, menjadi kuliner, semua akan ditampilkan. Berbagai seni yang ditampilkan juga akan berkaitan erat dengan pangan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement