Advertisement

Pemkab Kulonprogo Terus Lakukan Pembinaan Legalitas PKL

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 17 September 2023 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Kulonprogo Terus Lakukan Pembinaan Legalitas PKL PKL di Alun-Alun Wates, Kamis (17/3 - 2022). /dok.Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Kulonprogo terus memberikan program pembinaan kepada pedagang kreatif lapangan (PKL). Salahnya dengan melakukan pembinaan terkait legalitas PKL di Palihan, Temon.

Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna, mengatakan bahwa terdapat sebanyak 30 PKL di wilayah Kapanewon Temon yang menjadi peserta. "Peserta kegiatan pembinaan legalitas PKL tersebut ada 30 orang. Mereka merupakan PKL yang berada di wilayah depan Tomira Kaliwangan, sekitar Pasar Jangkaran, sekitar Balai Kalurahan Glagah dan area Laguna Glagah," kata Sudarna dihubungi, Sabtu (16/9/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Dirikan Lapak di Bahu Jalan Umum, PKL di Sekitar Alun-Alun Wates Ditertibkan

Sudarna kembali menegaskan bahwa maksud kegiatan tersebut adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya legalitas kelompok serta memberikan motivasi kepada pedagang akan pentingnya berkelompok.

"Itu maksud kegiatannya. Kalau tujuan diadakannya kegiatan ini agar terbentuk kelompok di antara PKL yang kemudian bersinergi mengembangkan usahanya," katanya.

Dia menerangkan bahwa pembinaan PKL oleh Disdagin akan lebih mudah apabila PKL yang ada di Kapanewon Temon mau membentuk kelompok.

BACA JUGA: Jokowi Terbitkan Beleid Pengembangan dan Peta Jalan Industri Jamu

Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kulonprogo, Endang Zulywanti, mengaku PKL yang membuat kelompok akan lebih memiliki daya tawar daripada bergerak secara individu.

“Kalau meihat dari sisi ekonomi, dengan adanya kelompok mereka bisa bekerja sama dalam tukar menukar informasi. Dalam penyediaan bahan baku. Dalam pemasaran bersama sehingga usaha bisa berkembang,” kata Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Antiteror Grebek Rumah Terduga Teroris di Cikampek

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement