Advertisement

Alami Kekeringan Parah, Kalidadap 1 Dapat Bantuan Saluran Air Bersih

Lugas Subarkah
Senin, 18 September 2023 - 18:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Alami Kekeringan Parah, Kalidadap 1 Dapat Bantuan Saluran Air Bersih Kekeringan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga Kalidadap 1, Kalurahan Selopamioro, Imogiri, menjadi salah satu wilayah yang cukup parah terdampak kekeringan. Merespon hal tersebut, beberapa bantuan sudah diberikan, salah satunya pendistribusian air bersih dari sumur.

Bantuan tidak saja datang dari pemerintah, tetapi juga lembaga sosial, salah satunya Amanah Takaful. Mereka awalnya menyalurkan air bersih secara berkala ke Kalidadap 1. Namun karena dianggap kurang efektif, maka dicoba pendistribusian air dengan cara lain.

Advertisement

Baca Juga: Darurat Kekeringan di Bantul Diperpanjang Tiga Bulan

Direktur Amanah Takaful, Ade Abdurachman, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan salah satu warga yang telah memiliki sumur untuk kemudian airnya didistribusikan ke banyak warga lainnya yang membutuhkan. “Awalnya kami drop air bersih. Namun ternyata ini belum cukup, Sehingga kami berpikir untuk mencarikan solusi jangka panjang,” ujarnya, Senin (18/9/2023).

Sumur di salah satu warga tersebut memang sejak dulu dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan  air bersih sehari-hari. Sumur yang pada awalnya memiliki kedalaman tiga meter ini kemudian diperdalam lagi oleh menjadi 7,5 meter.

Melalui sumur tersebut, Amanah Tafakul membantu proses penampungan air dan distribusi melalui kran-kran yang dapat dimanfaatkan 38 rumah tangga di sekitarnya. “Dengan demikian, warga akan lebih mudah mengakses air bersih,” katanya.

Baca Juga: Kekeringan Mulai Melanda Bantul, Begini Kondisi Budi Daya Perikanan

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, per Minggu (17/9/2023) terdapat 11 kalurahan dengan 18 dusun yang terdampak kekeringan, meliputi Triwidadi, Terong, Srimulyo, Sriharjo, Selopamioro, Seloharjo, Segoroyoso, Muntuk, Mangunan, Jatimulyo dan Bangunjiwo.

Hingga saat ini air bersih yang sudah didistribusikan totalnya sebanyak 2 juta liter dengan rincian 100 tangki dari BPBD Bantul, 158 tangki dari PMI Bantul, 92 tangki dari Tagana Bantul dan 50 tangki dari donasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gubenur Maluku Utara Non Aktif Abdul Ghani Didakwa Terima GratifikasiRp99,8 Miliar

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement