Advertisement

Kekeringan Mulai Melanda Bantul, Begini Kondisi Budi Daya Perikanan

Lugas Subarkah
Senin, 21 Agustus 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Kekeringan Mulai Melanda Bantul, Begini Kondisi Budi Daya Perikanan Ilustrasi budi daya perikanan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Meski sudah memasuki musim kemarau dan kekeringan terjadi di sejumlah wilayah, Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul belum mendapat laporan adanya kolam perikanan yang kekeringan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Istriyani, mengatakan tidak adanya kekeringan di sektor perikanan ini karena pembudi daya ikan di Bantul kebanyakan menggunakan sumur sebagai sumber air. “Kolam yang menggunakan irigasi sangat terbatas,” katanya, Senin (21/8/2023).

Advertisement

Pembudi daya ikan di Bantul tidak menggunakan sumber air dari irigasi karena beberapa faktor, seperti kuantitas yang terbatas, kualitas air yang tercemar limbah dan tidak berkelanjutan terutama di musim kemarau. “Untuk pertanian saja kurang, apalagi untuk perikanan,” kata dia.

BACA JUGA: Puncak Kemarau Diperkirakan Agustus hingga Awal September

Adapun kolam yang menggunakan sumber air dari sumur tidak mengalami kekeringan karena pembudidaya ikan menurutnya juga telah memperhitungkan pemilihan lokasi kolam. “Pasti memperhatikan keberlangsungan sumber daya airnya,” paparnya.

Maka para pembudidaya ikan juga telah memilih lokasi yang sumber airnya melimpah. Ia mencontohkan wilyah yang jauh dari perbukitan, seperti Sewon, Jetis dan Bantul. “Kalau daerah pinggiran kayak Imogiri, Pajangan, Dlingo, itu tidak karena berbatasan dengan perbukitan dan pegunungan,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau pembudidaya agar lebih mencermati kondisi ikan di musim kemarau ini, karena terjadinya fluktuasi suhu antara siang dan malam. Fluktuasi suhu ini menyebabkan kondisi kesehatan ikan bisa terganggu.

“Treatment untuk adanya fluktuasi suhu. Kematian pada ikan karena fluktuasi suhu siang dan malam perlu diantisipasi. Memberikan banyak vitamin, memberikan peneduh dan sebagainya. Kami sudah berikan Surat Edaran."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Iran Mengkonfirmasi Presiden Ebrahim Raisi Meninggal Dunia Akibat Jatuhnya Helikopter Bell 212

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement