Advertisement

Tak Mau Bernasib seperti Pedagang Tanah Abang, UMKM Bantul Dilatih soal Digitalisasi

Lugas Subarkah
Senin, 25 September 2023 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Tak Mau Bernasib seperti Pedagang Tanah Abang, UMKM Bantul Dilatih soal Digitalisasi Sejumlah pelaku UMKM mengikuti Pelatihan Bisnis Online di Kalurahan Wukirsari, Senin (25/9/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul terus mendorong penguatan usaha mikro kecil menengah (UMKM), termasuk dalam digitalisasi marketing. Digitalisasi UMKM diperlukan untuk menyesuaikan perkembangan dunia usaha saat ini.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menjelaskan Pemkab Bantul mengantisipasi perubahan yang terjadi dengan cepat di sektor perdagangan. “Bisnis online tidak bisa kita hindari lagi, perdagangan yang menggunakan platform e-commerce akan semakin manjadi-jadi,” ujarnya dalam Pelatihan Bisnis Online untuk UMKM di Kalurahan Wukirsari, Imogiri, Senin (25/9/2023).

Advertisement

Dia mencontohkan seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan sebagainya, termasuk platform media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk berdagang seperti Tiktok Shop, harus mulai diakses oleh para pelaku UMKM di Bantul.

“Ini bisa sangat berpengaruh pada perdagangan tradisional baik di pasar maupun toko, sehingga perdagangan offline terkena dampak yang sangat signifikan. Kami mendengar misal Pasar Tanah Abang omsetnya turun lebih dari 50 persen,” kata dia.

BACA JUGA: UMKM Kian Sulit Akses Kredit dari Bank, Ternyata Ini Penyebabnya

Hal ini terjadi serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Bantul. Ini menurutnya merupakan fakta yang tidak terhindarkan. “Pemerintah mengantisipasi dengan menyelenggarakan pelatihan bisnis online ke siapa saja, terutama di lingkungan UMKM yang selama ini berjualan secara tradisional,” kata dia.

Ia berharap pelaku UMKM bisa menjalankan usahanya secara offline maupun online, karena di kedua ranah tersebut, ada segmen pasarnya masing-masing. “Kita harus menghadapi perubahan ini dengan optimisme dan melakukan tindakan nyata,” paparnya.

Halim juga berpesan kepada generasi muda yang merupakan anak dari pelaku UMKM untuk membantu orang tuanya dalam mengakses platform digital. “Anak-anak muda yang lebih memahami bisnis online dan e-commerce supaya membantu orang tuanya,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Agus Sulistiyana, menuturkan di Bantul saat ini ada sebanyak 128.000 UMKM. Dari jumlah tersebut, ia mengakui masih sedikit yang sudah mengakses platform digital.

“Belum banyak [UMKM yang mengakses platform digital]. Makanya kami banyak melakukan pelatihan bisnis online. Karena pelatihan bisnis online ini untuk saat ini sangat tepat, baik bagi yang sudah punya produk maupun belum,” ungkapnya.

UMKM yang belum memiliki produk ini maksudnya adalah mereka yang berperan sebagai penyalur produk melalui platform digital. “Dia mencoba di Instagram atau facebook, mencari produsen. Lalu kalau cocok kemudian menjualnya ke buyer,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KNKT Minta Masyarakat Sewa Bus Pariwisata dari Perusahaan Legal

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement