Advertisement

Pamerkan Keindahan Alam dan Kerajinan Bambu, Kalurahan Muntuk Gelar Lord of the Pring

Lugas Subarkah
Selasa, 26 September 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Pamerkan Keindahan Alam dan Kerajinan Bambu, Kalurahan Muntuk Gelar Lord of the Pring Grebeg Bambu Lord of the Pring. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Festival bertajuk Grebeg Bambu Lord of the Pring akan digelar di Muntuk, Kapanewon Dlingo pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 mendatang. Festival ini digelar khusus mengangkat potensi kerajinan bambu yang dimiliki Kalurahan Muntuk.

Manager Event Grebeg Bambu Lord of the Pring, Riyanto Tan Ageraha menjelaskan Kalurahan Muntuk memiliki warisan kerajinan bambu yang kaya. Oleh karena itu, event ini akan menawarkan beragam pengalaman budaya dan kreatif bagi penduduk setempat maupun pengunjung.

Advertisement

“Festival ini dibuka dengan Pasar Rakyat Kuliner dan Produk Kreatif pada Jumat [29/9/2023]. Pengunjung dapat menikmati berbagai sajian kuliner lokal terbaik dan menjelajahi kreativitas para perajin kami. Cobalah hidangan tradisional dan kontemporer yang mencerminkan keaslian warisan kuliner Muntuk,” ujarnya, Selasa (26/9/2023).

Di hari kedua, pengunjung disuguhkan keberagaman budaya Kalurahan Muntuk, seperti pergelaran seni tradisi yang merupakan sebuah pertunjukan seni tradisional. “Nikmati pertunjukan tari, musik, dan gejog lesung yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, menjaga warisan unik kami,” ujar dia.

BACA JUGA: PENGEMBANGAN PARIWISATA: Festival Kampung Wisata Perkuat Inovas

Di hari terakhir, puncak acara Grebeg Bambu Lord of the Pring menampilkan Karnaval Fashion Bambu, sebuah peragaan busana yang memukau terinspirasi dari bambu. Kemudian Kenduri Bambu, sebuah pesta bersama dalam tradisi bambu.

“Pada puncak Grebeg Bambu Lord of the Pring, pengunjung bisa menyaksikan perpaduan seni, mode, dan tradisi dalam parade yang memukau, diikuti oleh pesta makan yang lezat di mana semua orang dipersilakan untuk bergabung,” kata dia.

Bagi pegunjung yang ingin ikut serta dalam perayaan ini, panitia menawarkan berbagai pilihan partisipasi. Pertama paket live in yang memberikan pengalaman merasakan atmosfer festival secara mendalam dengan tinggal di pusat Kalurahan Muntuk dan nikmati ketiga hari perayaan.

Kedua, paket kemping dengan memasang tenda di tengah keindahan alam Kalurahan Muntuk dan nikmati perayaan sambil merasakan keindahan alam. “Ketiga, tiket harian, pengunjung juga dapat memilih tiket harian untuk menikmati acara-acara tertentu selama festival,” katanya.

Tiket Grebeg Bambu Lord of the Pring dapat dibeli secara online di www.grebegbambu.com.  “Festival ini adalah kesempatan bagi semua orang dari berbagai latar belakang untuk berkumpul, merayakan budaya bersama, dan menghargai keindahan kerajinan bambu. Kami mengundang semua orang untuk bergabung dalam acara ini dan merasakan keramahan Kalurahan Muntuk,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement