Advertisement

53.500 Keluarga di Kulonprogo Disasar Bantuan Beras

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 01 Oktober 2023 - 06:07 WIB
Sunartono
53.500 Keluarga di Kulonprogo Disasar Bantuan Beras Ilustrasi beras impor - ist - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 53.531 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kulonprogo menerima bantuan beras dari Bulog Kanwil DIY. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka menekan kenaikan harga beras dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat.

Anggota Tim Lapangan Bantuan Pangan Bulog DIY, Dicki Yusfarino, mengatakan setiap KPM menerima 10 kilogram beras. "Penyaluran kami lakukan sepekan lalu. Satu keluarga dapat sepuluh kilogram. Jadinya total beras tersalurkan ada 535.310 kilogram," kata Dicki dihubungi, Sabtu (30/9/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Pemkot Jogja Salurkan Bantuan Beras untuk 1.036 Keluarga di Danurejan

Dicki menambahkan kegiatan tersebut merupakan program bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas). Terang dia, sasaran program tersebut adalah semua kalurahan di Kulonprogo.

Adapun syarat penerima manfaat tersebut menyesuaikan dengan data sasaran dari Bapanas. "Programnya dari Bapanas. Kami hanya menyediakan komoditasnya saja," katanya.

Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulonprogo, Ika Dwi Wahyuning Kusumastuti, mengatakan KPM tersebut merupakan peserta program keluarga harapan (PKH) dan sembako APBN.

Apabila sasaran bantuan tersebut dirasa tidak sesuai maka dapat dilakukan penggantian sasaran penerima melalui berita acara dari kalurahan. "BNBA [by name by address] langsung dari Badan Pangan Nasional [Bapanas]. Bapanas dari Kemensos, diambil dari penerima PKH dan sembako APBN," kata Ika.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo, Endang Zulywanti, mengatakan harga beras IR I atau premium di Kulonprogo per Sabtu (30/9/2023) menyentuh harga Rp13.450 per kilogram. Harga tersebut merupakan harga rata-rata. Harga tertinggi di Pasar Sentolo mencapai Rp15.000 dan harga terendah di Pasar Galur mencapai Rp13.000.

BACA JUGA : Stabilkan Harga, Operasi Pasar & Bantuan Beras Kembali Digelontorkan

Kemudian beras IR II atau medium memiliki harga rata-rata di Kulonprogo sebesar Rp12.500. Harga tertinggi di Pasar Sentolo mencapai Rp13.000 dan terendah di Pasar Nanggulan dengan Rp12.000.

“Untuk harga beras di Kulonprogo memang mengalami kenaikan harga. Tapi mengacu Peraturan Bapanas Nomor 7 Tahun 2023, HET beras premium Rp13.900 per kilogram. HET beras medium Rp10.900. Dengan begitu artinya di Kulonprogo beras premium di bawah HET dan beras medium di atas HET soalnya stok beras berkurang. Terlebih saat ini belum musim panen,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement