Advertisement

Karnaval Budaya Perayaan HUT Kota Jogja, Pelajar Sekaligus Belajar Pengembangan Karakter

Yosef Leon
Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:17 WIB
Maya Herawati
Karnaval Budaya Perayaan HUT Kota Jogja, Pelajar Sekaligus Belajar Pengembangan Karakter Suasana karnaval budaya sejumlah sekolah yang digelar di berbagai titik salah satunya di kawasan Tugu Pal Putih Jogja, Rabu (4/10/2023). Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah sekolah di Kota Jogja memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-267 Jogja dengan mengadakan karnaval budaya pelajar di sejumlah titik pada Rabu (4/10/2023). Arak-arakan yang diikuti oleh segenap murid, guru dan insan sekolah itu sudah dimulai sejak pagi hari dengan berbagai macam kreasi yang ditampilkan.

Kepala Sekolah SMPN 6 Jogja Dwi Isnawati menjelaskan, persiapan karnaval pelajar di sekolahnya melibatkan para orang tua murid dan juga komite sekolah, sehingga setiap kelas memutuskan sendiri pakaian dan atribut yang dipakai. "Ini juga jadi pembelajaran yang sesuai dengan era kurikulum merdeka," katanya.

Advertisement

Menurut Dwi, dalam karnaval ini murid tidak hanya sebatas tampil dengan atribut pelengkap dan memeriahkan hari jadi Kota Jogja saja, melainkan ikut menikmati proses pembelajaran yang muncul di dalamnya berupa pengembangan kerja sama antar murid, melatih nalar kritis dan lain sebagainya.

"Pesannya karnaval ini bukan selebrasi biasa tapi jadi ajang pembelajaran yang penuh makna, sehingga karakter mulia mereka menjadi pelajar Pancasila bisa terwujud," kata dia.

Dalam karnaval ini pelajar SMPN 6 Jogja juga menampilkan ansambel musik dari peralatan barang-barang bekas seperti galon air mineral, kaleng bekas biskuit, ember dan lain sebagainya. "Kami mau menunjukkan bahwa barang bekas yang kelihatan sepele dan simple rupanya bisa bermanfaat dengan baik dan jadi kolaborasi musik yang indah," ujarnya.

Titik karnaval yang cukup ramai salah satunya digelar di area Tugu Pal Putih Jogja. Dari sisi utara dan selatan kawasan itu berturut-turut sejumlah sekolah melintas untuk menampilkan suguhan kreasi terbaiknya dalam memeriahkan peringatan HUT Kota Jogja.

BACA JUGA: Pagi Ini Jalanan Kota Padat Merayap, Anak Sekolah Ikut Karnaval Budaya Rayakan HUT Jogja

Barisan murid SMPN 6 Jogja yang cukup mencuri perhatian para pengguna jalan. Sebanyak 672 murid ditambah 61 guru dan karyawan menampilkan ragam kreasi yang disesuaikan dengan tema yang diangkat yakni Jogja dalam Berbagai Pesona.

Setiap kelas di sekolah setempat mengusung sub tema yang berbeda-beda. Ada yang berbusana adat Jawa, modern dan membawa atribut gunungan hasil bumi serta mengarak berbagai miniatur dari ikon Kota Jogja seperti Tugu Pal Putih, ogoh-ogoh wayang dan lain sebagainya.

Pengembangan Karakater

Karnaval budaya pelajar memeriahkan HUT Kota Jogja ke-267 ini juga diikuti oleh SDN Jetis 1 Jogja dengan arak-arakan murid dan pentas seni di sekolah setempat. Sebanyak 315 murid terlibat dalam acara yang mengangkat tema Kridhaning Nyawiji itu. Dalam kesempatan tersebut murid diajak untuk mengenal budaya luhur Nusantara berupa norma kesopanan.

"Kebetulan kami memang sedang ada program pengembangan karakter bagi para murid, sehingga dalam karnaval budaya ini kita ajak anak-anak untuk membiasakan budaya sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari," kata Kepala Sekolah SDN Jetis 1 Jogja Suwarti.

Suwarti menerangkan, karnaval pelajar juga menjadi model pembelajaran bagi murid dalam mengenal atribut Kota Jogja berikut penjelasannya mulai dari aneka kuliner khas, ikon wilayah serta sejumlah jalan yang dikenal punya sejarah dan kaya dengan ragam kebudayaan setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement