Advertisement

Gus Muwafiq Gelar Lomba Puisi Akhir Pekan Ini, Joko Pinurbo Jadi Bintang Tamu

Abdul Hamied Razak
Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Gus Muwafiq Gelar Lomba Puisi Akhir Pekan Ini, Joko Pinurbo Jadi Bintang Tamu KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq menggelar lomba baca puisi yang dikemas dalam acara Literary Art Festival (LAFEST) Minggir di Pondok Pesantren (Ponpes) Minggir, di Minggir, Sleman, pada Sabtu (7/10/2023).

Ketua Panitia LAFEST Minggir#1, Nanang Hari Sudibyo mengatakan bahwa acara ini merupakan gagasan tiba-tiba yang datang dari Gus Muwafiq. LAFEST Minggir#1 rencananya akan digelar setiap tahun. Acara akan berlangsung di Ponpes Minggir di Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Advertisement

BACA JUGA: Begini Kronologi Warga Kulonprogo Tewas Akibat Miras Oplosan

Di LAFEST Minggir #1 akan ada 9 kegiatan utama yakni, lomba pembacaan puisi, workshop penulisan puisi, pameran karya sastra, lapak buku sastra, lapak pasar tiban, pidato budaya, malam baca puisi, musikalisasi puisi, dan pentas seni.

“LAFEST Minggir adalah sebuah acara budaya yang diinisiasi oleh seorang kyai dan dilaksanakan di perdesaan Sleman menjadi sebuah tantangan untuk bisa berkelanjutan. Ini sekaligus sebuah statement bahwa ponpes yang didirikan oleh Gus Muwafiq di Minggir, ingin terus menjadi gerakan kebudaaan dari pinggiran yang melibatkan orang-orang terpinggirkan,” jelas Nanang melalui siaran persnya, Kamis (5/10/2023).

Seperti permintaan Gus Muwafiq, pembacaan puisi akan diisi oleh sejumlah penyair kolega Gus Muwafiq, santri, anak sekolah, mahasiswa, anak yatim, gelandangan, dosen, Pak RT, masyarakat umum, dengan Joko Pinurbo dan Peri Sandi sebagai bintang tamu.

“Selain itu kami sedang meminta Gus Muwafiq menyampaikan pidato kebudayaan lah istilah kami. Intinya kami juga ingin jawaban kok bisa-bisanya beliau ingin ada lomba baca puisi di Ponpes Minggir. Maksudnya apa, biar terjawab semua, apalagi negara ini kan sedang memasuki masa politik, masa-masa yang sangat prosa, bahkan biasanya kan masa-masa persaingan keras,” papar Nanang.

Teknis Lomba

Adapun khusus untuk lomba baca puisi, diadakan dalam tiga kategori peserta yakni Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA se-DIY, Tingkat Mahasiswa se-DIY, dan Tingkat Umum se-DIY. Periode pendaftaran lomba dilaksanakan pada 29 September hingga 4 Oktober 2023.

BACA JUGA: Pakar UGM Ungkap Campuran Miras Oplosan yang Berdampak Fatal Bagi Tubuh, Apa Saja?

Tercatat ada ratusan peserta yang telah mendaftar lomba dan akan dipilih 20 peserta di masing-masing kategori untuk menjalani final di Ponpes Minggir pada Sabtu (7/10/2023) pagi untuk dipilih masing-masing 6 pemenang yakni juara 1 hingga harapan 3. Hadiah untuk pemenang pertama di masing-masing kategori adalah tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan total Rp 18 juta.

Selain itu para peserta lomba dengan kuota sebesar 50 peserta juga bisa mengikuti workshop menulis puisi bersama Joni Ariadinata dan Raudal Tanjung Banua yang hasil dari workshop tersebut akan diterbitkan menjadi buku antologi puisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement