Advertisement

Pengolahan Sampah, Sultan HB X: Realisasi Mesin Baru Tahun Depan, Sekarang Ndak Bisa

Yosef Leon
Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Pengolahan Sampah, Sultan HB X: Realisasi Mesin Baru Tahun Depan, Sekarang Ndak Bisa Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan sudah ada sejumlah investor yang akan menanamkan modalnya untuk mengolah sampah di DIY, tetapi mesin pengolahan baru tiba di tahun depan. Oleh karenanya, masih butuh waktu agar penyelesaian masalah sampah diatasi dengan optimal.

"Semua pihak kan sudah mau investasi tapi memang realisasi mesinnya baru tahun depan, sekarang ndak bisa. Namun itu sudah ada kemauan. Mulai tahun depan mereka sudah ada proses pakai mesin," katanya, Selasa (10/10/2023).

Advertisement

Sebelumnya pada Senin (9/10) Pemda DIY bersama Pemkot Jogja sudah bertemu guna membahas persoalan penanganan sampah di wilayahnya. Pemerintah kabupaten/kota pun diminta untuk cepat menanggulangi sampah agar tidak terjadi penumpukan dan masalah baru lagi.

“Sewaktu koordinasi kemarin, kami mencoba melihat yang Kotabaru juga. Saya minta dan ingatkan untuk kebersihan, itu bisa diangkut,” kata Sultan.

Sementara, Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Transisi 2 rampung pada akhir Oktober mendatang. Hingga Selasa, proses pembangunannya sudah mencapai 92%. "Saat ini pembangunan tinggal menyisakan pengerjaan pada Instalasi Pengolahan Lindi [IPL] di tempat pembuangan," kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Rosdiana Puji Lestari.

BACA JUGA: DIY Terapkan Desentralisasi Pengolahan Sampah di 2024, Kota Jogja Butuh Perhatian Khusus

Rosdiana menjelaskan pekerjaan proyek pembuatan tampungan sampah transisi tahap 2 telah rampung. Setelah pekerjaan konstruksi IPL selesai, pihaknya akan melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum dimulainya operasional awal. "Kalau di transisi satu kemarin kami hanya pekerjaan di bagian tampungan sampahnya karena kami masih berharap lindi bisa diolah di IPL eksisting. Tapi ternyata sudah overload sehingga untuk transisi 2 kami harus bikin IPL baru," jelasnya.

Adapun kapasitas pembuangan sampah di Zona Transisi 2 mencapai sekitar 149.000 meter kubik. Sementara Zona Transisi 1 memiliki kapasitas 155.000 meter kubik tetapi sudah terisi hingga 98%. "Kemarin kami bikin perencanaan membuat transisi 1 dan 2 sebelum ada kebijakan desentralisasi," katanya.

Sebelum dibuang di Zona Transisi 2, sampah akan ditata terlebih dahulu di Zona Transisi 1. Hal ini dilakukan sebagai upaya efisiensi penggunaan lahan. Zona Transisi 2 juga berbeda dengan Zona Transisi 1 yang tidak dilengkapi dengan fasilitas pengolahan limbah. "Nantinya limbah air lindi dari transisi 1 yang semula diolah di IPL eksisting akan diolah oleh IPL yang tengah dikerjakan saat ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Kaesang Mau Ikut Pilkada, Grace Natalie: Sudah Cukup Umur Maju Bupati atau Walikota

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement