Advertisement

Kasus DBD di Kota Jogja Menurun Drastis, Hanya 48 Kasus, Kok Bisa?

Triyo Handoko
Minggu, 15 Oktober 2023 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kasus DBD di Kota Jogja Menurun Drastis, Hanya 48 Kasus, Kok Bisa? Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Jogja diklaim menurun selama musim kemarau panjang ini. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja mencatat per September hanya terjadi sebanyak 48 kasus jauh lebih kecil bila dibandingkan kasus DBD per September 2022 yang tercatat 150 kasus.

Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Jogja Endang Sri Rahayu menilai ada dua faktor penyebab turunnya kasus DBD pada 2023. Kemarau panjang yang berlangsung mulai Mei hingga kini di mana menyebabkan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD terhambat.

Advertisement

Selain itu, lanjutnya, persebaran bibit wolbachia untuk menghambat nyamuk Aedes Aegypti berjalan efektif. Meskipun mengalami penurunan kasus, Dinkes tetap meminta masyarakat untuk tetap siaga dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

BACA JUGA: Antisipasi DBD, Kemenkes Perluas Uji Coba Wolbachia di Tujuh Daerah

“Wolbachia yang dimasukan dalam nyamuk Aedes Aegypti pembawa DBD bisa menekan penyakit. Sehingga angka kasus DBD di Tahun ini sedang turun, selain diakibatkan oleh musim kemarau yang panjang,” jelas Endang, Minggu (15/10/2023).

Endang menyebut penyebaran bibit wolbachia sudah merata di 45 kelurahan di Kota Jogja. “Usaha kami menekan kasus DBD juga dengan terus melakukan pemantauan dan pencegahan lewat kader DBD di wilayah. Harapannya kasus DBD tidak akan bertambah dan dapat terminimalisir," paparnya.

Lewat kader DBD itu, lanjut Endang, Dinkes juga mengkampanyekan PHBS dan Reuse, Reduce, dan Recycle (3R). “Pola hidup ini kalau sudah jadi kebiasaan bersama tentu akan menjaga kesehatan masyarakat bersama, ini terutama dari pengalaman menghadapi pandemi Covid-19. Sehingga akan terus digencarkan agar kesiapsiagaan juga dimiliki masyarakat apalagi akan memasuki musim penghujan,” terangnya.

Tak hanya disampaikan ke masyarakat wilayah, sambung Endang, Dinkes Jogja juga bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mengkampanyekan PHBS dan 3R. “Terutama dengan Dinas Pendidikan agar perilaku sehat ini dapat terus diwariskan ke anak-anak,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polda Jatim Tangkap dan Tetapkan Tersangka Pembuat Konten Asusila Berjudul Guru Tugas

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement