Advertisement

Kereta Api Anjlok di Kulonprogo, KAI Daop 6: Perjalanan 7 KA Tertahan

Anisatul Umah
Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Kereta Api Anjlok di Kulonprogo, KAI Daop 6: Perjalanan 7 KA Tertahan Penumpang duduk di dekat gerbong kereta api yang anjlok akibat kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Kulonprogo, Selasa (17/10/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kecelakaan kereta api (KA) terjadi di Sentolo, Kulonprogo, Selasa (17/10/2023) siang tadi.

Manager Humas KAI Daop 6, Krisbiyantoro mengatakan imbas dari kecelakaan ini, sebanyak tujuh KA tertahan, sebagian di Stasiun Wates dan sebagian di Stasiun Sentolo. "Tentu [ada dampaknya] sejak pukul 14.00 WIB sudah ada tujuh KA tertahan. Betul [masih menunggu proses evakuasi]," ucapnya, Selasa.

Advertisement

Proses evakuasi yang dilakukan setidaknya mengupayakan salah satu jalur bisa dibuka kembali.

Dia menjelaskan untuk KA yang anjlok adalah Argo Semeru tujuan Surabaya-Jakarta. Sementara kereta Argo Wilis hanya terhalang. "Iya [dua jalur tertutup] karena anjloknya menutup dua jalur yang anjlok menyamping menutup jalur sebelahnya," jelasnya.

Dia belum bisa memastikan berapa lama proses evakuasi akan berlangsung. Akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan petugas di lapangan.

BACA JUGA: Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis di Kulonprogo: Sejumlah Gerbong Terguling, Begini Kondisinya

Menurutnya proses evakuasi melibatkan pihak internal terlebih dahulu. PT KAI juga mengeluarkan bantuan yaitu dengan alat crane kemudian juga kereta penolong berisi alat-alat semiotomatis juga untuk membantu evakuasi kereta-kereta yang anjlok. Jumlah penumpang yang terdampak juga masih dipastikan. 

"Sejauh ini belum ada informasi korban. Penumpang sampai saat ini aman, enggak ada korban jiwa dan sudah dievakuasi. Sebagian penumpang dievakuasi dibantu dengan KA Bandara untuk evakuasi dan dibantu juga rangkaian KA eksekutif dari Kutoarjo," jelasnya.

Bagi penumpang yang perjalanannya terlambat menurutnya keterlambatan lebih dari satu jam penumpang dan masih di stasiun asal, pengembalian [tiket] penuh 100%. "Tapi kalau masih mau menunggu kereta meski terlambat ada kompensasi lain service recovery."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demokrat Tolak Usulan PDIP Soal Legalisasi Politik Uang

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement